Dianggarkan Rp4,1 Miliar, Pemprov Lelang Proyek Gedung Siaga Bencana

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Lelang pembangunan Gedung Siaga Bencana mulai dilakukan oleh Pemprov Sulsel yang berlokasi eks kantor Dishub Makassar Jalan Urip Sumohardjo, tepatnya depan Nipah Mall.

Anggaran pembangunan fisik sekitar Rp4,1 miliar, dan pengawasan pembangunan sekitar Rp400 juta. Sebelumnya, di APBD perubahan 2018 sudah dianggarkan Rp400 juta juga untuk perencanaan pembangunan.

Kepala Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang Sulsel Andi Darmawan Bintang, mengatakan pihaknya sudah memasukkan ke Unit Layanan Pengadaan (ULP) untuk dilakukan pelelangan.

“Jadi yang kita buat dulu garasi mobil, aula pertemuan, kamar mandi, dan tempat ganti pakaian. Gedung lama akan kita hapus (rubuhkan). Setelah itu kita bangun yang baru. Sekarang proses perencanaan masih jalan,” kata Darmawan, Jumat (31/1).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Sulsel dr Bachtiar Baso menambahkan, gedung tersebut nantinya akan diisi oleh tim Brigade Siaga Bencana. Ada beberapa instansi yang dilibatkan. Mulai dari Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, BPBD, dan Satpol PP.

“Nanti akan dilengkapi oleh kendaraan ambulance, pemadam kebakaran, mobil Tagana dan mobil polisi. Jadi Brigade Siaga Bencana ini diketuai oleh Kadis Kesehatan, dan wakilnya itu dari Satpol PP, Dinsos, dan BPBD,” tambahnya.

Bachtiar menyebutkan, anggaran yang ada saat ini baru untuk pengadaan fisik yang melekat di Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang. Sementara untuk operasional, masih dalam proses pembahasan.

“Kita usulkan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sektor kesehatan. Kan aturannya membolehkan anggaran tersebut bisa digunakan untuk BSG atau Publik Safety Center,” pungkasnya. (rhm/rus)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...