Resmi Mengaspal di Indonesia, Sekali Cas Honda PCX Elektrik Bisa Tempuh 69 Km

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Honda PCX Elektrik akhirnya meluncur di Indonesia, Kamis (31/1), motor listrik itu akan semakin membuka kans bagi perkembangan motor listrik ramah lingkungan di Tanah Air. PCX Elektrik sebenarnya bukan barang baru karena telah dipamerkan saat helatan Indonesia Motorcycle Show (IMOS), awal November 2018 lalu.

Melalui peluncuran motor listrik ini, PT Astra Honda Motor (AHM) nampaknya ingin bermain serius di segmen baru ini. Sebab mau tidak mau perkembangan dunia otomotif secara global akan mengarah pada produk-produk dengan teknologi yang lebih mapan dan berorientasi go green.

Presiden Director AHM Toshiyuki Inuma mengatakan Honda PCX Electric sebagai wujud komitmen Honda menghadirkan motor berteknologi listrik yang ramah lingkungan  juga sebagai alternatif dari moda transportasi yang ada.

“Kami ingin mewujudkan kendaraan listrik yang nyaman dan menyenangkan di masa depan. Honda PCX Electric adalah model pertama kami untuk melengkapi gaya hidup masa depan masyarakat Indonesia,” ujar Inuma di Jakarta, Kamis (31/1)

Ia menambahkan Honda sudah mengembangkan sepeda motor listrik sejak 35 tahun silam. Tantangannya saat ini, bagaimana produk tersebut memenuhi sektor keamanan, kenyamanan, ketangguhan serta kualitas yang selalu menjadi andalan Honda. Selain itu motor ini juga diracik dengan pertimbangan yang matang terkait performanya, jarak tempuh juga biayanya.

“Honda telah melakukan penelitian panjang dan telah mendapatkan formulasi mengatasi masalah motor listrik dengan mengembangkan mobile battery yang dapat di swap sekaligus plug in, sehingga jarak tempuhnya lebih tinggi,” ujarnya.

Secara desain, Honda PCX listrik sebenarnya tidak memiliki perbedaan signifikan dengan Honda PCX konvensional maupun PCX Hybrid. Hanya saja, PXC listrik dibekali paketan baterai yang diletakan dibawa jok tunggangan sebagai sumber penggeraknya.

Honda PCX Elektrik menggunakan dua unit baterai portabel yang disebut Honda Mobile Power Pack. Baterai ini mampu membuatnya berjalan sejauh 69 km dalam sekali pengisian penuh. Dari hasil pengujian Honda ia dapat berjalan sejauh itu dengan kecepatan rata-rata 40 km perjam secara konstan. (JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...