Tantangan Sandra Dewi Saat Anak Mulai MPASI

Jumat, 1 Februari 2019 - 06:00 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Saat hamil dan menyusui Sandra Dewi mengaku tidak mempunyai kendala berarti. Pasalnya, ia bisa memenuhi kebutuhan nutrisinya bersama putranya Raphael Moeis (1 tahun). Namun saat memasuki masa MPAI (makanan pendamping ASI) aktris cantik ini lebih fokus lagi dalam hal nutrisi si kecil.

Pekerjaannya pun sebagai ibu bertambah, karena Sandra harus mengenalkan makanan dan memberikan nutrisi yang terbaik agar tumbuh kembangnya optimal.

“Harus repot bawa banyak barang perlengkapan MPASI ketika bepergian pun tidak masalah. Dan untungnya saat hamil aku makan apa aja saat makan anak saya juga sama. Karena ternyata ia sudah terekam di memorinya waktu masih di kandungan,” jelas Sandra.

“Salahnya aku saat hamil aku suka makan daging, jarang makan ikan jadi sekarang Rafa sukanya daging gak suka ikan. Tapi saya kasi tau kalau ikan itu juga enak,” sambungnya.

Kendari demikian, Sandra merasakan tantangan baru selama anaknya Rafa mulai MPASI. Sama seperti batita pada umunya, Rafa gampang moody sehingga terkadang susah memberikan makanan.

“Anak makan tergantung mood-nya dia. Hari ini dia suka, besok belum tentu. Kalau waktu masih bayi mereka udah ngerti rasa. Jadi kalau kita masak, harus kita cobain juga,” ujarnya.

Ketika buah hatinya moody dan malas makan, Sandra meminta orang-orang di rumahnya untuk berusaha membujuk Rafa agar mau makan lagi.

“Mba, Nany, sopir, semua saya panggil untuk entertain anak saya. Kalau dia lagi moody gak mau makan,” imbuhnya.

Salah satu cara agar selera makan Rafa tetap bagus, Sandra membiasakan diri makan bersama buah hatinya itu. “Treat saya sekarang makan bareng. Saya lihat kalau kita makan dia pengen makan juga. Jadi saya ajak makan bareng, cuman saya pilih-pilih,” katanya.

Membuat MPASI buat si kecil bagi Sandra tidaklah gampang, pasalnya ia juga harus memikirkan setiap hari menu yang akan diberikan kepada Rafa. Sehingga, Sandra harus membuat sendiri di rumah meskipun belum tentu anaknya suka.

“Gak boleh dipaksa. MPASI itu memang tantangan terbesar untuk ibu. Udah susah mikirnya tiap hari menunya apa, dia suka apa nggak, habis apa nggak,” terangnya.

Tapi yang paling penting kata Sandra, ia memberikan menu empat bintang buat si kecil yakni ada karbohidrat, protein hewani, nabati, dan sayuran.

“Sekarang sudah 12 bulan, menu 4 bintang. Saya kasi nasi tim, daging, sayur, buah, semua dikasi. Nasi pake kaldu kasi garam dikit,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.