Waspada, Ruangan AC Bisa Sebabkan Penuaan Dini

Jumat, 1 Februari 2019 - 13:05 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Punya kulit sehat adalah dambaan semua orang. Baik laki-laki maupun perempuan kini lebih peduli dalam menjaga kesehatan kulitnya. Demikian pula perempuan yang berhijab.

Dr. lrmadita Citrashanty, SpKK, spesialis kulit dan kecantikan menjelaskan salah satu ciri-ciri kulit sehat ialah kulit terasa kenyal, lembab, tidak kering dan tidak tampak ada masalah kulit seperti jerawat, kerutan, flek dll.

Tak jauh berbeda dengan perempuan pada umunya, perempuan yang sehari-hari mengenakan hijab juga kerap mengalami masalah kulit terutama kulit kering. Seperti diketahui muslimah sering berwudhu yang bisa menyebabkan kulit kering.

“Selain terpapar polusi, aktivitas berwudhu juga bisa memicu kulit kering karena saat wudhu lemak dan air di wajah terkikis sehingga kulit gampang kering dan iritasi,” ujarnya.

Selain itu, lanjut dr. Irma para muslimah banyak yang bekerja di ruangan ber AC. Nah, tinggal di ruangan ber AC selama berjam-jam akan menyebabkan kulit kering. Mengapa demikian?

Dalam tubuh manusian terdiri atas 70 persen air, kendati demikian air akan terus mengalami penguapan. Sedangkan udara AC sifatnya kering sehingga mempercepat penguapan cairan tubuh.

“Di ruangan AC udaranya kering tidak lembab jadi penguapan lebih cepat sehingga kulit jadi kering,” ujar dr. Irma pada peluncuran Nameera Aquatic Botanical di kawasan Kasablanka, Jakarta, Kamis (31/1).

Jika kondisi ini dibiarkan terus menerus maka akan mempercepat penuaan atau penuaan diri. Maka dari itu, meski di ruang ber AC kita tetap harus mengghidrasi tubuh dengan air, begitu juga bagi kulit tetap harus dijaga kelembabannya dengan skincare yang tepat.

“Tidak boleh diabaikan karena akan mempercepat penuaan diri. Makanya rehidrasi penting,” sambung dr. Irma.

Lebih lanjut ia menjelaskan, sejak dulu air telah dikenal sebagai sumber kehidupan yang suci, murni, kaya manfaat, dan menyimpan rahasia kecantikan alami yang selalu dibutuhkan oleh kulit.

“Selain itu, potensi kebaikan alam yang terkandung dalam sacred lotus juga terbukti secara klinis dapat meningkatkan kelembaban alami kulit, mencerahkan kulit, menjaga kelembutan dan elastisitas kulit,” jelasnya.

Lebih lanjut dr. Irma menjelaskan ritual wajib dalam merawat kulit perempuan sebagai berikut:

1. Pembersih Wajah

Langkah pertama yang mesti dilakukan dalam merawat wajah adalah membersihkan wajah dengan sabun wajah atau facial wash. Pilihlah fashial wash yang sesuai dengan jenis kulit. Langkah ini bertujuan mengangkat kotoran atau sel kulit mati.

“Cukup dua kali sehari, yakni pagi hari dan malam hari. Jangan terlalu sering karena air dapat mengikis lapisan lemak dan air dalam kulit,” jelasnya.

2. Pelembab

Setelah membersihkan wajah, langkah kedua adalah mengaplikasikan pelembab atau moisturizer sesuai jenis kulit. Karena kulit membutuhkan nutrisi dan terhidrasi.

“Kulit kita butuh air juga. Nah moisturizer ini berfungsi menghidrasi kulit agar tetap lembab,”ujar dr. Irma.

3. Sun Protection

UV A dan UV B bisa menyebabkan kerusak pada kulit. Jadi sebelum terpapar sinar matahari kita harus menggunakan sun block atau sunscreen untuk menangkis efek buru sinar matahari.

4. Krim Malam

Di malam hari sebelum tidur tidak cukup hanya mencuci wajah, kita juga perlu menggunakan skincare. Waktu yang paling baik untuk menutrisi kulit adalah pada malam hari saat kita tidur. Pilihlah skincare yang tepat sesuai dengan kebutuhan kulit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.