Robot Valet Ini Bisa Terbangkan Mobil ke Parkiran

0 Komentar

FAJAR.CO.ID – Kemajuan teknologi di berbagai bidang mempermudah aktivitas manusia. Salah satu inovasi teknologi yang hangat di Inggris adalah layanan parkir valet menggunakan robot otonom yang bisa menerbangkan mobil ke tempat parkir yang kosong.

Perusahaan peracik robot parkir otonom ini adalah Stanley Robotics. Telah melakukan penelitian dan pengembangan dalam waktu lama untuk membawa robot ini melayani kelancaran pengaturan parkir di bandara-bandara internasional.

Carscoops, Rabu (30/1) mengungkapkan robot valet otonom itu sedang diuji coba di Bandara, Gatwick London. Eksperimen sistem parkir canggih ini sangat menarik. Robot otonom akan mengangkut kendaraan ke tempat parkir dengan cara menerbangkan mobil tersebut.

Bentuk robot itu mirip sebuah tempat tidur dengan bagian plat dasar menjulur dari depan ke belakang mobil sementara kepalanya berbentuk kotak dengan sejumlah sistem digital yang secara otomatis dapat mengatur penerbangan dan rute lokasi parkir sekitar.

Uji coba penggunaan robot valet di Bandara Gatwick akan berlangsung selama tiga bulan dengan pembaruan tempat parkir yang sudah dilakukan pihak Airport dengan mengganti 170 ruang parkir konvensional dengan 270 lokasi parkir yang terkoneksi dengan robot tersebut.

Mereka yang menggunakan layanan ini akan mengarahkan kendaraan mereka ke salah satu dari delapan loket yang ada, kemudian membuat reservasi parkir dan meninggalkan kendaraan mereka. Robot kemudian terbang rendah dan mengangkut mobil ke tempat yang sudah dipetakan

Kabarnya Gatwick di Inggrid bukan satu-satunya Bandara yang telah menguji coba perangkat robot valet. Sebelumnya robot racikan Stanley Robotics ini telah diuji di Bandara Charles De Gaulle Prancis dan Bandara Lyon.

Penggunaan teknologi robot valet ini sangat penting bagi bandara besar di negara maju untuk meningkatkan kenyamanan penumpang bandara yang menitipkan mobil di lokasi parkir bandara sehingga pada saat mereka kembali mendarat, mobil tinggal dikembalikan ke melalui loket yang sama.

Pemanfaat teknologi parkir otonom ini bisa segera diwujudkan menunggu penataan fasilitas parkit yang membingungkan robot seperti melakukan upgrade tiang-tiang lampu yang masif di lokasi parkiran bandara

(JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...