21 Pasar Tradisional di Jakarta Segera Direvitalisasi

Minggu, 3 Februari 2019 - 06:42 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Perumda Pasar Jaya telah berencana melakukan revitalisasi pasar besar-besaran. Tidak tanggung-tanggung akan ada 21 pasar yang diperbaharui menjadi pasar yang modern dan bersih.

Direktur Utama Perumda Pasar Jaya, Arief Nasrudin menjelaskan revitalisasi itu dilakukan dengan tujuan untuk lebih mengembangkan konsep pasar tradisional yang selama ini diterapkan di ibu kota. Sehingga bisa berkonsep modern dan dapat berkompetisi dengan yang lain.

“Sebenarnya prosesnya baru 2 tahun di pasar mengejar pembangunan, jadi 21 pasar lagi kita Kerja Sama Operasional (KSO) kemudian juga ada yang masih diurus IMB nya kejar tayang untuk lelang dan sedang berjalan,” ungkapnya, Sabtu (2/2).

Sebagaimana dijelaskan, Arief mengatakan akan ada dua pembangunan revitalisasi yang dilakukan oleh PD Pasar Jaya. Pertama, pembangunan pasar yang berdiri sendiri dan kedua, pasar yang dikombinasikan dengan fungsi lain.

“Pasar yang berdiri sendiri atau pasar rakyatyang diperuntukkan khusus bagi pedagang itu nantinya akan dilengkapi dengan sejumlah fasilitas penunjang, di antaranya tempat distribusi dan hiburan berupa bioskop rakyat,” terangnya.

Nantinya, pembangunan yang kedua adalah pasar yang dikombinasikan dengan fungsi lain dengan maksud mengarah komersial. Sehingga nantinya ada integrasi pasar dengan permukiman warga, rusunawa atau rusunami, hotel, perkantoran.

“Kendala sih nggak ada, cuman masalah birokrasi yang harus diberesin. memang kan pembangunan Gedung di Jakarta harus udah berizin semua jadi memang kita proses izin, kerja sama sampai perizinan harus lengkap semua,” tutur Arief.

Beberapa pasar yang akan dilakukan revitalisasi, di antaranya Pasar Minggu (Jakarta Selatan), Pasar Kebon Melati (Jakarta Pusat), Pasar Lontar (Jakarta Pusat), Pasar Lontar (Jakarta Utara), Pasar Jembatan Lima (Jakarta Barat) dan Pasar Jembatan Besi (Jakarta Barat).

Kemudian, Pasar Jelambar Polri (Jakarta Barat), Pasar Radio Dalam (Jakarta Selatan), Pasar Mede (Jakarta Selatan), Pasar Pondok Labu (Jakarta Selatan), Pasar Karet Pedurenan (Jakarta Selatan), Pasar Mampang Prapatan (Jakarta Selatan), Pasar Kayu Putih (Jakarta Utara), dan Pasar Rawamangun (Jakarta Timur)

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *