Amankan 332 Vihara, 5.263 Pasukan Gabungan Disiagakan Saat Imlek – FAJAR –
Jabodetabek

Amankan 332 Vihara, 5.263 Pasukan Gabungan Disiagakan Saat Imlek

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono (Wildan Ibnu Walid/JPC)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menjelang perayaan hari Raya Imlek 2019 yang jatuh pada Selasa (5/2) besok, sebanyak 5.263 pasukan keamanan gabungan akan disiagakan di sejumlah titik keramaian di DKI Jakarta. Pengamanan itu dilakukan demi menjaga ketertiban dan kelancaran umat Tionghoa dalam merayakan Imlek.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, petugas keamanan gabungan itu terdiri dari unsur Polri, TNI, Petugas Dinas Pemadam Kebakaran, dan Satpol PP.

Pengamanan dengan melibatkan lima ribu personel lebih itu dibagi menjadi tiga kawasan. Pertama, penjagaan di 332 vihara di Jakarta. Kedua, di tempat-tempat rekreasi, seperti di mall, Monas, Ragunan dan tempat lainnya. Ketiga, penjagaan pun dilakukan di jalur tol untuk mengamankan situasi arus lalu lintas.

“Penjagaan tentu dilakukan setiap vihara yang sedang merayakan Imlek. Kemudian, tempat rekreasi. Karena dengan liburan ini dimanfaatkan bukan hanya orang yang beribadah saja. Masyarakat lain pun memanfaatkan dengan rekreasi,” ujarnya di Ditreskrisus Polda Metro Jaya, Senin (4/2).

Argo menyebutkan, lima ribu lebih personel itu termasuk melibatkan jajaran kepolisian di masing-masing wilayah. Pengamanan itu dilakukan terutama untuk mengatasi situasi arus lalu lintas kendaraan menuju tempat ibadah dan tempat rekreasi.

“Di depan vihara pun kami akan lakukan penjagaan. Pengamanan pun akan dilakukan jajaran Polres. Untuk pengaturan lalu lintas, jika memang harus dilakukan buka tutup maupun contra flow, maka kami akan lakukan,” ucapnya.

Argo menegaskan, penjagaan oleh personel gabungan akan dilakukan mulai sore ini. Jajaran kepolisian pun sudah melakukan pengecekan objek-objek vital yang rawan kemacetan di Jakarta.

“Semuanya kami akan lakukan. Kami berharap untuk saudara kita yang menjalankan Imlek berjalan aman dan lancar di sana. Sore ini sudah dilakukan pengecekan,” tutupnya.

(JPC)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!