Dipelopori Unhas, Menristekdikti Dukung Sulsel Sebagai Pusat Breeding Sapi

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir, mendukung terbentuknya Teaching Industry Pembibitan Sapi Maiwa Breeding Center yang dipelopori Unhas.

Ia berharap, Sulawesi Selatan (Sulsel) menjadi wadah pengembangan budidaya sapi untuk Indonesia bagian timur.”Kami harap Makassar menjadi wadah pegembangan peternakan di Sulawesi dan sekitarnya. Karena yang punya breeding satu satunya selain LIPI hanya ada di Unhas,”ujarnya, Senin (4/2/19).

Menurutnya, kebutuhan akan daging sapi potong semakin meningkat. Sementara pemenuhan daging potong dalam negeri yang masih kurang, sehingga daging impor sebagai alternatif.

“Untuk itu perlu dilakukan terobasan dalam mendorong peternak lokal agar dapat menuhinya persediaan dan Indonesia menuju swasembada pangan yang berdaya saing,”tambah Nasir.

Nasir mengungkapkan, breeding center Unhas nantinya menjadi pusat bahan baku untuk pengembangan sapi di wilayah Indonesia Timur. Namun, yang perlu disiapkan yakni indukannya.

“Oleh karena itu indukan harus diperkuat dengan cara, masing-masing daerah melalui kebijakan daerah tidak boleh sapi betina dipotong,”terangnya.

Sementara Dekan Fakultas Peternakan Unhas, Prof Lellah Rahim mengatakan breeding Unhas ini telah menggandeng empat kabupaten di Sulsel yakni Bone, Enrekang, Soppeng dan Barru.

“Kedepan ini kita akan bangun industri peternakan sapi yang di dalamnya ada pembibitan, indukan dan lainnya,”jelasnya.(sul)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

0 Komentar