ICW Minta Capres-Cawapres Punya Prioritas Penguatan KPK – FAJAR –
Hukum

ICW Minta Capres-Cawapres Punya Prioritas Penguatan KPK

Penggiat Antikorupsi Tama S Langkun (paling kiri), dalam sebuah acara diskusi di kantor LBH Jakarta, Selasa (5/2) (Ridwan/JPC)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Koordinator bidang hukum dan advokasi Indonesia Corruption Watch (ICW) Tama S Langkun meminta kepada kedua pasang calon presiden dan calon wakil presiden untuk mempunyai prioritas terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Karena kedua pasangan calon dinilai mempunyai sisi mengenai penguatan lembaga antirasuah.

“Kita berharap penguatan KPK menjadi prioritas, karena beberapa capres dalam beberapa perdebatan berbicara soal penguatan KPK,” kata Tama di kantor LBH Jakarta, Jalan Diponegoro 74, Jakarta Pusat, Selasa (5/2).

Tama menjelaskan, penguatan terhadap KPK bukan hanya soal penambahan jumlah personel dan juga anggaran. Namun dukungan politik terhadap kinerja KPK.

Tak hanya itu, KPK sebagai lembaga independen tidak mampu bekerja sendiri, tentu harus mendapat dukungan dari beberapa lembaga penegak hukum lainnya seperti kepolisian dan kejaksaan.

“Dukungan serius dari lembaga lain, karena konsep pemberantasan korupsi di Indonesia itu tidak hanya tunggal, ada koordinasi dan monitoring yang dilakukan KPK, Kejaksaan dan Kepolisian,” ucapnya.

Oleh karenanya, agar kinerja pemberantasan korupsi bekerja dengan baik, sehingga dibutuhkan kinerja yang solid sesama aparat penegak hukum.

“Karena kita berharap ada sinergi lembaga lain dengan KPK memberantas korupsi,” pungkasnya.

(JPC)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!