Megathrust Mentawai Kian Dekat, Ini Yang Dipersiapan BMKG

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Megathrust Mentawai diyakini kian dekat mengancam Sumatera Barat (Sumbar). Menurut pakar gempa, Megathrust Mentawai saat ini sudah berada di periode pelepasan.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengatakan, hasil pemantauan dan BMKG, terdapat 8 zona kegempaan di Indonesia yang patut diwaspadai dan salah satunya adalah Mentawai.

Bahkan, Mentawai diposisi pertama yang harus diwaspadai. Hal ini mengacu pada analisi yang dilakukan para peneliti kegempaan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

"Mentawai (Megathrust) saatnya, ya tahun-tahun ini (sesuai analisis ahli). Energi (gempa) yang dikeluarkan akan keras," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati saat Rakor Mitigasi dan Penanganan Bencana Gempa dan Tsunami bersama Kepala BNPB Letjen Doni Monardo di aula kantor Gubernur Sumbar, Rabu (6/2).

Tersebab itu, lanjut Dwikorita, zona Mentawai menjadi fokus prioritas BMKG meski ada zona lain di Sulawesi. Namun, sebagian energi zona di Sulawesi sudah lepas dan mungkin hanya berjaga-jaga di sekitar kurang lebih 50 tahun yang akan datang.

Selain itu, BMKG juga mengkhawatirkan patahan 'semangko' pulau Sumatera yang juga melewati Sumbar. Namun, dari analisis pakar dari BMKG maupun LIPI, prioritas utama tetap di zona Megathrust Mentawai.

"Kami tetap pantau patahan semangko, karena itu ada di darat walaupun magnitudo-nya tidak sebesar di Mentawai (8,8 SR)," bebernya.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Sonny Wakhyono


Comment

Loading...