Kerusakan Runaway Juanda, Penerbangan Makassar-Surabaya Dialihkan

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Perbaikan kerusakan runaway di bandara Juanda, Surabaya, sejak pagi menyebabkan sejumlah terganggu. Penutupan bandara Juanda dimulai sekira pukul 09.15 WIB.

Kerusakan runaway ini berdampak pada pengalihan penerbangan sejumlah pesawat. Salah satunya di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.

“Penerbangan Makassar ke Surabaya harus kembali ke Makassar karena di dapatkan informasi bandara tertutup.
Kurang lebih perkiraan sampai jam 1 siang ini masih dalam proses perbaikan. Sampai sekarang kami belum dapatkan update perbaikan tersebut,”ujar General Manager AirNav Indonesia Cabang Makassar, Novy Fantariyanto saat ditemui, Kamis (7/2/19).

Penutupan bandara Juanda ini diakibatkan landasan atau runaway terkelupas. Sehingga secara savety tidak diperbolehkan untuk penerbangan.

Selain itu, AirNav Cabang Makassar telah berkoordinasi dengan AirNav Surabaya, Bali, Yogyakarta, dan Jakarta. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan bandara alternatif apabila terdapat pesawat yang telah melakukan penerbangan ke surabaya namun tidak bisa mendarat.

“Kerusakan ini sangat mengganggu penerbangan karena sebagian akan dialihkan ke bandara semula, atau yang sudah menuju ke Surabaya harus dipersiapkan bandara alternatif,”jelasnya.

Namun, ia berharap dalam waktu dekat landasan bandara Juanda bisa teratasi. Sebab penundaan penerbangan ke Surabaya ini berakibat fatal.

“Lumayan tinggi satu jam ini kurang lebih 25 penerbangan yang dibatalkan, kalau tiga jam ini dapat kita hitung kurang lebih 70 penerbangan yang tunda,”pungkasnya. (sul/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...