Konsumsi Bawang Bisa Turunkan Risiko Penyakit Jantung – FAJAR –
Kesehatan

Konsumsi Bawang Bisa Turunkan Risiko Penyakit Jantung

bawang merah.(pixabay)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Meskipun semua sayuran penting untuk kesehatan, jenis sayuran tertentu menawarkan manfaat unik salah satunya bawang. Bawang adalah anggota genus Allium dari tanaman berbunga yang juga termasuk bawang putih, bawang merah, daun bawang dan daun bawang.

Sayuran ini mengandung berbagai vitamin, mineral, dan senyawa tanaman kuat yang telah terbukti meningkatkan kesehatan dalam banyak hal.

Bahkan, sifat obat bawang telah dikenal sejak zaman kuno, ketika digunakan untuk mengobati penyakit seperti sakit kepala, penyakit jantung, dan sariawan. Dilansir dari laman healthline berikut segudang manfaat konsumsi bawang.

Kandungan Nutrisi

Rendah Kalori
Bawang padat nutrisi, artinya rendah kalori tetapi kaya vitamin dan mineral. Satu bawang sedang hanya memiliki 44 kalori tetapi memberikan vitamin, mineral dan serat dalam dosis yang cukup banyak.

Vitamin C
Sayuran ini sangat tinggi vitamin C, nutrisi yang terlibat dalam mengatur kesehatan kekebalan tubuh, produksi kolagen, perbaikan jaringan dan penyerapan zat besi. Vitamin C juga bertindak sebagai antioksidan kuat dalam tubuh Anda, melindungi sel-sel Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas.

Vitamin B, B9 dan B6
Bawang juga kaya akan vitamin B, termasuk folat (B9) dan piridoksin (B6) yang memainkan peran kunci dalam metabolisme, produksi sel darah merah dan fungsi saraf.

Potasium
Terakhir, mereka adalah sumber potasium yang baik, mineral yang tidak dimiliki banyak orang.
Faktanya, rata-rata asupan kalium orang Amerika hanya lebih dari setengah dari nilai harian yang direkomendasikan (DV) sebesar 4,700 mg.

Fungsi seluler normal, keseimbangan cairan, transmisi saraf, fungsi ginjal, dan kontraksi otot semuanya membutuhkan kalium.

Kesehatan Jantung

Antioksidan
Bawang mengandung antioksidan dan senyawa yang melawan peradangan, mengurangi trigliserida dan mengurangi kadar kolesterol yang semuanya dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Anti-inflamasi
Khasiat anti-inflamasi bawang juga dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi dan melindungi terhadap gumpalan darah.

Quercetin adalah antioksidan flavonoid yang sangat terkonsentrasi di bawang. Karena anti-inflamasi yang manjur, ini dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi.

Turunkan tekanan darah sistolik
Sebuah studi pada 70 orang yang kelebihan berat badan dengan tekanan darah tinggi menemukan bahwa dosis 162 mg per hari ekstrak bawang kaya quercetin secara signifikan mengurangi tekanan darah sistolik 3-6 mmHg dibandingkan dengan plasebo.

Turunkan kolesterol
Bawang juga terbukti menurunkan kadar kolesterol. Sebuah penelitian pada 54 wanita dengan sindrom ovarium polikistik (PCOS) menemukan bahwa mengonsumsi bawang merah mentah dalam jumlah besar (40-50 gram / hari jika kelebihan berat badan dan 50–60 gram / hari jika obesitas) selama delapan minggu mengurangi total dan LDL “buruk” kolesterol dibandingkan dengan kelompok yang kontrol.

Turunkan risiko penyakit jantung
Selain itu, bukti dari penelitian pada hewan mendukung bahwa konsumsi bawang dapat mengurangi faktor risiko penyakit jantung, termasuk peradangan, kadar trigliserida tinggidan pembentukan bekuan darah.

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!