Ronda Digital Solusi Cerdas Perangi Hoaks di Medsos

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ronda digital bisa menjadi solusi cerdas untuk memerangi berita bohong (hoaks) dan narasi kebencian di media sosial (Medsos). Dengan ronda digital masyarakat diajak untuk aktif melakukan komunikasi dan memahami budaya saring sebelum sharing saat berselancar di dunia digital (maya).

“Itu (ronda digital) ide yang bagus dan terobosan luar biasa. Dengan ronda digital ada semacam sistem keamanan lingkunga (Siskamling) atau apapun namanya di dunia digital. Jadi masyarakat bisa berdialog ketika menemukan konten apakah itu hoaks atau narasi kebencian,” ujar Dr. Emrus Sihombing, Direktur Eksekutif EmrusCorner di Jakarta, Jumat (8/2/2019).

Menurut Emrus, bila ronda digital itu dilakukan masyarakat bisa lebih cerdas dalam menganalisa konten sebuah berita, apakah berita itu benar atau hoaks. Mereka juga bisa memilah dan memilih mana berita yang bisa disebarkan dan mana yang tidak produktif. Selain itu, mereka juga bisa saling melaporkan ke pihak berwenang seperti Kementerian Komunikasi dan Informatika bila menemukan konten hoaks dan narasi kebencian.

Selain itu, dengan adanya ronda digital, masyarakat juga bisa saling mengingatkan kepada pemegang akun medsos yang menyebarkan kontek tidak produktif, bahwa tindakan komunikasi seperti itu tidak sesuai dengan nilai-nilai kebersamaan.

“Saya rasa ronda digital sangat efektif untuk mereduksi hoaks dan narasi kebencian di medsos. Masyarakat bisa memperbincangkan sesuatu yang baik untuk kebersamaan, juga bisa mengkritisi bila menemukan hoaks atau narasi kebencian yang tujuannya ingin memecah belah,” imbuh Emrus.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Redaksi


Comment

Loading...