Berikut Makanan yang Dapat Mencegah Kanker

Sabtu, 9 Februari 2019 - 11:55 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Diet anti-kanker adalah strategi penting yang dapat Anda gunakan untuk mengurangi risiko kanker. The American Cancer Society merekomendasikan, Anda makan setidaknya lima porsi buah dan sayuran setiap hari dan makan makanan dalam jumlah yang tepat untuk tetap pada berat badan yang sehat.

Selain itu, para peneliti menemukan bahwa makanan tertentu yang mencegah kanker dapat menjadi bagian penting dari diet anti-kanker. Dilansir dari laman everydayhealth berikut sederet makanan yang dapat membantu mengurangi risiko kanker.

Bawang Putih
Penelitian menunjukkan bahwa bawang putih adalah makanan penangkal kanker. Beberapa penelitian besar telah menemukan bahwa mereka yang makan lebih banyak bawang putih cenderung mengembangkan berbagai jenis kanker, terutama pada organ pencernaan seperti kerongkongan, lambung, dan usus besar.

Bahan dalam umbi yang menyengat dapat mencegah zat penyebab kanker dalam tubuh Anda bekerja, atau mereka dapat mencegah sel kanker berkembang biak. Para ahli tidak tahu berapa banyak yang perlu Anda makan untuk mencegah kanker, tetapi mengonsumsinya sehari-hari mungkin bisa membantu.

Buah Beri
Sebagai makanan yang enak dan makanan anti-kanker, buah beri sulit dikalahkan. Buah beri mengandung antioksidan yang sangat kuat, yang berarti mereka dapat menghentikan proses yang terjadi secara alami di dalam tubuh yang menciptakan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel Anda.

Senyawa dalam beri juga dapat membantu mencegah kanker tumbuh atau menyebar. Jadi, sebagai bagian dari diet anti-kanker Anda, ambil segenggam blueberry, blackberry, stroberi, atau yang mana saja yang menjadi favorit Anda dari keluarga besar buah-buahan penyembuh ini.

Tomat
Beberapa penelitian telah menemukan bahwa tomat dapat membantu melindungi pria dari kanker prostat. Buah merah yang berair dapat membantu menjaga DNA dalam sel Anda dari kerusakan yang dapat menyebabkan kanker. Tomat mengandung konsentrasi antioksidan tinggi yang sangat efektif yang disebut likopen.

Tubuh Anda dapat menyerap likopen dengan lebih baik dari makanan tomat olahan seperti saus, yang berarti bahwa pasta gandum dengan saus marinara bisa menjadi cara yang lezat untuk mendapatkan dosis makanan yang memerangi kanker.

Kol
Sayuran silangan – kelompok yang mengandung brokoli, kubis, dan kembang kol dapat menjadi makanan yang sangat membantu melawan kanker. Para peneliti telah menemukan bahwa komponen dalam sayuran ini dapat melindungi Anda dari radikal bebas yang merusak DNA sel Anda.

Mereka juga dapat melindungi Anda dari bahan kimia penyebab kanker, membantu memperlambat pertumbuhan tumor, dan mendorong sel-sel kanker untuk mati. Sayuran ini adalah makanan yang lezat dan sehat untuk diet anti-kanker Anda.

Teh Hijau
Daun tanaman teh ( Camellia sinensis ) mengandung antioksidan yang disebut katekin, yang dapat membantu mencegah kanker dengan berbagai cara, termasuk menjaga radikal bebas dari kerusakan sel. Penelitian laboratorium menemukan bahwa katekin dalam teh dapat mengecilkan tumor dan mengurangi pertumbuhan sel tumor.

Beberapa studi pada manusia juga mengaitkan minum teh dengan risiko kanker yang lebih rendah. Kedua teh hijau dan hitam mengandung katekin, tetapi Anda akan mendapatkan lebih banyak antioksidan dari teh hijau, jadi Anda mungkin ingin mempertimbangkan secangkir atau lebih per hari dalam diet anti-kanker Anda.

Biji-bijian Utuh
Menurut American Institute for Cancer Research, biji-bijian mengandung banyak komponen yang dapat menurunkan risiko kanker, termasuk serat dan antioksidan.

Sebuah penelitian besar termasuk hampir setengah juta orang menemukan bahwa makan lebih banyak biji-bijian dapat menurunkan risiko kanker kolorektal, menjadikannya item teratas dalam kategori makanan untuk melawan kanker. Oatmeal, barley, beras merah, dan roti dan pasta gandum adalah contoh dari gandum utuh.

Kunyit
Bumbu berwarna oranye ini , merupakan makanan pokok kari India, mengandung bahan yang disebut curcumin (tidak sama dengan jintan) yang mungkin berguna dalam mengurangi risiko kanker.

Menurut American Cancer Society, curcumin dapat menghambat beberapa jenis sel kanker dalam studi laboratorium dan memperlambat penyebaran kanker atau mengecilkan tumor pada beberapa hewan. Makanan anti kanker ini mudah ditemukan di toko bahan makanan, dan Anda bisa menggunakannya dalam berbagai resep diet anti-kanker.

Sayuran Hijau
Sayuran hijau berdaun seperti bayam dan selada adalah sumber antioksidan beta-karoten dan lutein yang baik. Anda juga akan menemukan nutrisi ini dalam sayuran yang dimasak secara tradisional, seperti collard greens, sawi, dan kale.

Menurut American Institute for Cancer Research, beberapa penelitian laboratorium telah menemukan bahwa bahan kimia dalam makanan penangkal kanker ini dapat membatasi pertumbuhan beberapa jenis sel kanker .

Anggur
Kulit anggur merah adalah sumber antioksidan yang kaya yang disebut resveratrol. Jus anggur dan anggur merah juga mengandung antioksidan ini. Menurut National Cancer Institute, resveratrol mungkin berguna dalam menjaga kanker dari awal atau penyebaran. Penelitian laboratorium telah menemukan bahwa itu membatasi pertumbuhan berbagai jenis sel kanker.

Kacang-kacangan
Buah-buahan dan sayuran tertentu dan makanan nabati lainnya mendapat banyak pengakuan karena menjadi sumber antioksidan yang baik, tetapi kacang-kacangan sering diabaikan.

Beberapa kacang, khususnya pinto dan kacang merah, adalah sumber antioksidan yang luar biasa dan harus dimasukkan dalam diet anti-kanker Anda. Kacang juga mengandung serat yang juga dapat membantu mengurangi risiko kanker Anda, menurut American Cancer Society.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *