Jokowi Didukung Alumnus IKJ, Ipang: Ini Bukti Ekonomi Kreatif Moncer

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Dukungan para pekerja seni alumnus Institut Kesenian Jakarta (IKJ) kepada capres nomor urut 01 Joko Widodo, dinilai oleh praktisi industri kreatif Ipang Wahid sebagai bukti kinerja Jokowi yang terukur di bidang seni dan kebudayaan.

“Di era Jokowi ini, ekonomi kreatif benar-benar digerakkan sebagai salah satu lokomotif ekonomi bangsa. Jadi masuk akal jika para pekerja seni menumpahkan dukungannya kepada Pak Jokowi,” ujar Ipang Wahid yang juga alumnus IKJ saat dihubungi, Minggu (10/2).

Sebagai ketua Kelompok Kerja Industri Kreatif di Komite Ekonomi Industri Nasional (KEIN), Ipang mengaku, pihaknya merasakan sendiri betapa denyut ekonomi kreatif berdetak kencang hingga ke daerah-daerah.

“Saya keliling dari Aceh sampai Papua, gairah ekonomi kreatif tumbuh besar. Anak-anak muda bersemangat berbisnis berbagai subsektor industri kreatif, dari kuliner, kriya, arsitektur, fesyen, musik, periklanan, film, sampai seni pertunjukan," ujar Ipang yang dikenal sebagai sutradara iklan tersohor itu.

Menurut Ipang, gairah itu muncul karena Presiden Jokowi mampu membangun ekosistem ekonomi kreatif yang baik dari hulu ke hilir. SDM, misalnya, disiapkan melalui berbagai jenis pelatihan oleh Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), termasuk dengan melibatkan pendidikan vokasi. Pemasaran pun difasilitasi hingga ke luar negeri.

Kemudian dukungan sistem diberikan melalui perizinan yang mudah dan pemangkasan pajak kalangan pengusaha menengang kecil, hingga 0,5 persen. Karena mayoritas pelaku ekonomi kreatif adalah UMKM. Termasuk soal perizinan yang makin simpel dan berbasis online serta penurunan pajak menjadi stimulus pengembangan ekonomi kreatif di daerah-daerah.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Sonny Wakhyono


Comment

Loading...