Seandainya Pilpres Digelar Hari Ini, Ini Dia Pemenangnya

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Lembaga riset Celebes Research Center (CRC) merilis survei terbaru tingkat elektabilitas calon presiden dan wakil presiden secara nasional. Hasilnya, pasangan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin unggul dari pesaingnya, Prabowo-Sandiaga dengan angka 56,1 persen.

“Seandainya pemilihan langsung presiden dan wakil presiden dilaksanakan pada hari ini, maka 56,1 persen diraih pasangan Jokowi-Ma’ruf,” kata Direktur Eksekutif Herman Heizer di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (10/2).

Adapun pasangan capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno meraih elektabilitas 31,7 persen. “Tren elektabilitas ini dilihat sejak sejak September 2018 hingga Januari 2019,” jelas Herman.

Dalam rilis CRC juga dijelaskan, sebanyak 46,9 persen kecil kemungkinan pemilih dapat pindah pada pilihannya. Alasan para pemilih menentukan pilihannya karena 21,1 persen pemilih menilai kinerja Presiden Jokowi telah terbukti.

“Namun terdapat 14,5 persen menginginkan adanya pemimpin baru,” ucapnya.

Lebih jauh Herman menuturkan, pihaknya telah melakukan survei secara nasional dengan rata-rata umur 17 tahun ke atas. “Ini melakukan multi random sampling, tingkat kepercayaan kita ambil jumlah pemilih di setiap provinsi,” pungkasnya.

(JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment