Menilik Kerennya Paten Terbaru Xiaomi, Layar Melengkung di Empat Sisi

Senin, 11 Februari 2019 - 11:31 WIB

FAJAR.CO.ID – Barang elektronik konsumen Tiongkok dianggap sebagai produk sekali pakai tampaknya sudah berakhir. Sebab vendor teknologi Tiongkok kini termasuk yang paling rajin mendaftarkan paten inovasinya untuk produk teknologi seperti smartphone. Bicara paten, paten terbaru Xiaomi terkuak dan menampilkan desain smartphone melengkung di empat sisi layarnya.

Sebagaimana JawaPos.com kutip dari laman Android Authority, Senin (11/2), paten terbaru Xiaomi ditemukan oleh Lets Go Digital. Paten terbaru itu menampilkan desain sebuah perangkat smartphone dengan layar yang benar-benar penuh hingga ke tepi kanan, kiri, atas dan bawahnya.

Menurut Lets Go Digital, pada 5 Februari lalu, paten desain dari Bejing, Xiaomi Mobile Software diterbitkan dalam Database Desain Global di World Intellectual Property Office (WIPO). Paten menunjukkan smartphone layar penuh dengan kamera ganda di bagian belakang perangkatnya.

Seperti disinggung di atas soal desain, yang menarik perhatian dari paten desain Xiaomi adalah tampilannya yang dibulatkan pada keempat sisi seperti yang dijelaskan dalam deskripsi ringkasan paten. Dengan kata lain, kiri dan kanan perangkat tampak seperti desain smartphone Samsung untuk seri Galaxy S dan Galaxy Note dengan layar ‘Edge’. Bedanya, untuk desain yang diajukan Xiaomi ‘Edge-nya’ sampai juga ke bagian atas dan bawah.

Sebagaimana bisa dilihat dalam gambar, layar tampak indah secara simetris dengan membungkus hampir setengah dari sasisnya dan hanya menyisakan bagian belakang saja. Yang bisa dilihat lainnya dari gambar paten adalah tidak adanya tombol fisik di perangkat tersebut. Di bagian bawah kita hanya melihat port daya dan transfer data tentunya dengan USB Type-C.

Paten desain tidak menjelaskan apakah perangkat tersebut akan memiliki kamera selfie. Kamera selfinya mungkin akan ditempatkan di bawah layar seperti pemindai sidik jari. Sebab rasanya tidak mungkin perangkat tersebut hadir tanpa kamera selfie. Seperti kompetitor senegara mereka, Oppo, Xiaomi juga dikenal sebagai vendor yang cukup banyak memperhatikan kamera depan pada perangkat besutannya.

Sebagai contoh, pabrikan Tiongkok itu memperkenalkan Xiaomi Mi Mix 3 tahun lalu yang menjadi smartphone layar penuh pertama di dunia dengan kamera slider yang menampung kamera depan ganda. LetsGoDigital juga baru-baru ini menerbitkan smartphone Xiaomi dengan kamera dual punch-hole.

Selain itu, perusahaan mengakuisisi Meitu pada akhir tahun lalu, yang dikenal dengan aplikasi selfie-nya. Xiaomi pasti akan ingin menggunakan pengetahuan ini di smartphone Xiaomi masa depan.

Belum jelas apakah paten tersebut akan direalisasikan kedalam produksi masal di masa depan. Bicara layar penuh yang mirip dengan paten Xiaomi. Sebelumnya Samsung juga melakukan hal itu dengan membuat paten desain yang agaknya mirip.

Perangkat tersebut sama-sama memiliki layar hingga ke sisi-sisinya tak lupa bagian atas dan bawahnya. Pokoknya layar benar-benar penuh. Paten Samsung dengan ‘Edge’ sampai ke atas dan bawah serta kanan dan kirinya mencuat akhir 2017 lalu dan disebut sebagai Galaxy Zero. Galaxy Zero pun sampai saat ini belum sampai ke produksi massal.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.