Sering Beraksi di SPBU, Sindikat Pecah Kaca Mobil Diciduk Polisi

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Masyarakat mesti waspada. Pencurian dengan modus pecah kaca mobil masih marak.
Polisi berhasil meringkus dua pelaku pencurian dengan memecahkan kaca mobil. Lima mobil sudah pernah menjadi sasaran aksi Hariman (44) dan Hamran (27).
Keduanya kerap melancarkan aksi serupa di wilayah kota Makassar. Mereka beraksi di tempat berbeda-beda. Panit Timsus Polda Sulsel, Ipda Artenius menerangkan, keduanya menggunakan motor dalam melancarkan pencurian itu.
Mereka memilih lokasi mobil yang terparkir cukup sepi. SPBU cenderung menjadi pilihan empuk sebagai sasaran aksi kejahatannya. Tercatat sudah tiga kali mereka membobol mobil di sekitar SPBU.
“Hariman memecahkan kaca mobil, sementara Hamran menunggu di atas motor sambil berjaga-jaga,” bebernya, Minggu, 10 Februari. Setelah berhasil mengambil barang-barang korban, tasnya dibuang ke tempat sampah di depan SPBU Sungai Saddang.
Keduanya ternyata sudah lima kali menjalankan aksi pencurian dengan modus serupa. Diantaranya yakni samping SPBU Jalan Rappocini Raya sebanyak dua kali, Jalan Cumi-cumi, samping Masjid SPBU Sungai Saddang, Jalan Pelita Raya, dan persimpangan jalan Sungai Saddang.
Salah satu lokasi terjadi di wilayah hukum Polsek Rappocini. Kanit Reskrim Polsek Rappocini, Iptu Iqbal Usman mengakui, kejadian tersebut sempat masuk dalam perburuan timnya. Meski begitu, pihaknya bekerja sama dengan timsus Polda Sulsel.
“Jadi, pelakunya kita tangkap di Kabupaten Maros. Herman pertama yang ditangkap di rumah kontrakannya, berlanjut ke tempat Hamran, sesuai dengan pengembangan dan keterangan pelaku,” ungkap Iqbal.
Polisi juga mengamankan barang bukti berupa dua tas laptop, dua tas perempuan, dua unut handphone. Sementara motor kedua pelaku terlebih dulu telah disita pihak Sat Lantas Polres Pelabuhan lantaran terjerat pelanggaran lalu lintas.
Sayangnya, kedua pelaku nyaris melarikan diri. Tak pelak, polisi terpaksa melumpuhkan kedua pelaku dengan timah panas sebanyak tiga kali. Mereka langsung dibawa ke RS Bhayangkara untuk mendapatkan perawatan medis. (mam)
Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment