Ancaman Demam Berdarah: Tingkatkan Trombosit dengan Makanan Ini

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Saat musim hujan, tubuh rentan mengalami masalah kesehatan, seperti pilek, flu dan demam. Hal ini dikarenakan sistem imun yang turun sehingga ketika tubuh kurang asupan nutrisi maka akan dengan mudah terinveksi virus salah satunya virus dengue yang ditularkan lewat gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes.

Saat positif terkena virus dengue maka jumlah trombosit rendah berarti darah telah kehilangan kemampuannya untuk melawan penyakit. Penting untuk mempertahankan jumlah trombosit secara teratur agar cepat pulih.

Dilansir dari laman Boldsky, berikut 10 makanan dan cara pengolahannya untuk meningkatkan trombosit.

Pepaya
Buah pepaya dan daunnya memiliki kemampuan untuk meningkatkan jumlah trombosit dalam beberapa hari. Makan pepaya matang atau minum jus bersama dengan jus lemon dua hingga tiga kali sehari. Atau buat pasta dari beberapa daun pepaya dalam blender dan ekstrak jus pahit. Minumlah jus ini dua kali sehari.

Bit
Beetroot kaya akan sifat anti-oksidan dan homeostatis. Satu sendok makan jus bit yang baru dibuat akan membantu Anda meningkatkan jumlah trombosit Anda. Anda juga bisa mencampurkan tiga sendok makan jus bit dalam segelas jus wortel dan minumlah dua kali sehari.

Sayuran Berdaun Hijau
Mereka adalah sumber vitamin K yang baik yang membantu meningkatkan jumlah trombosit. Bayam dan kangkung sangat sehat untuk dikonsumsi ketika jumlah trombosit Anda rendah. Yang terbaik adalah mengonsumsinya dalam bentuk salad.

Vitamin C
Vitamin C terdiri dari asam askorbat dan sitrat yang membantu dalam meningkatkan jumlah trombosit. Ini adalah anti oksidan yang kuat dan dosis yang lebih tinggi dari vitamin ini. Termasuk makanan kaya vitamin dalam diet Anda seperti jeruk, lemon, stroberi, kiwi, dll.

Labu
Makanan ini kaya akan vitamin A, yang membantu mendukung perkembangan trombosit dan mengatur protein yang diproduksi oleh sel-sel tubuh. Setengah gelas jus labu segar dengan satu sendok teh madu untuk membantu Anda meningkatkan jumlah trombosit. Direkomendasikan setidaknya dua sampai tiga gelas sehari.

Minyak Wijen
Minyak wijen mengandung lemak tak jenuh ganda dan vitamin E dan dianggap sebagai obat yang bagus untuk meningkatkan trombosit darah. Minyak wijen bisa dijadikan pengganti minyak dalam masakan sehari-hari. Ini sangat cocok untuk menumis dan menggoreng.

Bawang Putih
Bawang putih mengandung tromboksan A2, yang mengikat trombosit dan meningkatkan jumlah trombosit. Tambahkan bawang putih dalam masakan sehari-hari Anda. Orang Cina menggunakan banyak bawang putih ketika memasak sup.

Asam Lemak Omega 3
Makanan-makanan ini akan meningkatkan sistem kekebalan Anda dengan meningkatkan jumlah trombosit darah. Masukkan semua jenis kacang-kacangan seperti almond, kenari dan biji-bijian seperti biji bunga matahari, biji rami. Biji-bijian ini dapat peningkatan asam lemak omega 3 dalam makanan Anda. Cara lain adalah dengan mengonsumsi minyak ikan.

Minumlah Banyak Air
Sangat penting bagi pasien demam berdarah untuk menjaga diri mereka tetap terhidrasi sepanjang waktu. Minum air yang cukup itu baik dalam satu cara. Minum suhu ruangan dan air bersih akan membersihkan sistem pencernaan Anda dan membuang racun. Ini pada gilirannya akan mengaktifkan pelatihan trombosit.

Lean Protein
Makanan seperti kalkun, ayam, dan ikan dikenal sebagai protein tanpa lemak. Mereka adalah sumber seng dan vitamin B12. Nutrisi ini sangat penting untuk membalikkan efek trombositopenia (berkurangnya trombosit dalam tubuh). Masukkan banyak ayam, kalkun dan ikan dalam diet Anda.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...