Dapatkan 7 Manfaat Teh Kunyit Bagi Kesehatan

Selasa, 12 Februari 2019 - 10:51 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kunyit adalah bumbu masak yang selalu ada di dapur. Selain digunakan sebagai bumbu untuk memperkaya cita rasa makanan kunyit juga dikenal sebagai obat herbal yang kaya antioksidan dan anti-inflamasi selama ribuan tahun silam.

Salah satu cara mengonsumsi kunyit adalah dengan menyajikannya dalam bentuk teh. Teh kunyit memiliki rasa yang unik namun teksturnya halus. Di lansir dari laman Healthline berikut tujuh manfaat teh kunyit bagi kesehatan.

1. Meringankan gejala radang sendi

Khasiat anti-inflamasi yang kuat dari teh kunyit dapat membantu meredakan peradangan dan pembengkakan pada penderita artritis. Ini mengurangi gejala yang menyakitkan.

Satu studi menemukan bahwa senyawa aktif dalam kunyit yang disebut curcumin, efektif dalam mengurangi rasa sakit pada pasien dengan osteoarthritis.

2. Membantu mencegah penyakit Alzheimer

Sementara penelitian masih mencari apa yang sebenarnya menyebabkan penyakit Alzheimer, sepertinya kurkumin yang ditemukan dalam kunyit dapat membantu mencegahnya.

Antioksidan kunyit mencegah kerusakan yang bisa menyebabkan Alzheimer. Yang lebih penting lagi, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kunyit dapat mengurangi hilangnya penanda sinaptik dan akumulasi amiloid yang terkait dengan perkembangan Alzheimer.

3. Membantu mencegah kanker

Banyak sifat obat teh kunyit, termasuk antioksidan dan anti-inflamasi, dapat berkontribusi untuk pencegahan kanker. National Cancer Institute telah mengakui curcumin sebagai anticarcinogen yang efektif, atau zat yang membantu mencegah kanker.

4. Mempertahankan remisi kolitis ulserativa

Ulcerative colitis (UC) adalah kondisi kronis yang menyebabkan bisul di ujung bawah saluran pencernaan. Kunyit bisa membantu menjaga remisi dari gejala ini. Menurut University of Maryland Medical Center, sebuah studi menemukan bahwa pasien UC dalam masa remisi memiliki tingkat kekambuhan yang secara signifikan lebih rendah jika mereka mengkonsumsi kunyit.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sifat obat dalam kunyit dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, bahkan pada orang dengan gangguan kekebalan tubuh. Satu studi berteori bahwa kunyit dapat memoderasi sistem kekebalan tubuh.

6. Menurunkan kolesterol

Menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) dapat membantu mengurangi risiko Anda mengalami beberapa kondisi serius, termasuk penyakit jantung dan stroke. Sebagai contoh, sebuah studi tahun 2008 yang menemukan bahwa dosis rendah curcumin dikaitkan dengan penurunan LDL dan kadar kolesterol total.

7. Mengobati uveitis

Uveitis adalah peradangan pada iris. Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa kurkumin yang ditemukan dalam kunyit sebenarnya sama efektifnya dengan kortikosteroid, tetapi tanpa efek samping.

Resep Teh Kunyit

Bahan
1/2 sendok teh kunyit bubuk
1/4 sendok teh bubuk kayu manis
Sejumput lada hitam
1/2 sendok teh jahe segar parut
1 cangkir santan kelapa penuh lemak
1 sendok makan madu mentah
1 sendok makan minyak kelapa murni organik

Cara membuat
– Dalam panci kecil, campurkan kunyit, kayu manis, lada, dan jahe.
– Kocok santan, madu, dan minyak.
– Panaskan di atas api sedang selama 5 menit, sampai sangat panas tetapi tidak mendidih.
– Tuang ke dalam blender dan blender dengan hati-hati dengan kecepatan rendah hingga berbusa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *