Anggota ISIS Tersisa 500 Orang di Syria Utara

0 Komentar

FAJAR.CO.ID – Anggota ISIS telah berkurang menjadi sekitar 500 orang yang bersembunyi di sebuah wilayah di Syria Utara yang berukuran hanya lima mil persegi. Dilansir dari Daily Mirror pada Senin (11/2), kelompok teror itu makin terpojok. Pada masa jayanya mereka mengumumkan kekalifahannya pada 2014.

Kini diperkirakan sekitar 500 anggota ISIS tetap berada di daerah yang hanya mencakup lima mil persegi. Meskipun tidak ada konfirmasi resmi yang pasti dari angka-angka ini. Para teroris tersebut tetap terkurung di Provinsi Timur Syria, Deir Al Zour, dekat perbatasan Irak.

Juru Bicara Syrian Democratic Forces (SDF) Mustafa Bali mengumumkan, pihaknya dalam pertempuran terakhir melawan ISIS. Mereka ingin ISIS dimusnahkan hingga akar-akarnya.

Presiden AS Donald Trump berencana untuk menarik pasukan AS keluar dari Syria. Ia berharap SDF segera mengumumkan kalau mereka sudah merebut kembali semua wilayah yang sebelumnya dipegang oleh ISIS.

Pejabat senior SDF, Redur Xelil mengatakan kepada Reuters, pasukan berharap untuk menguasai daerah yang masih dikuasi ISIS pada akhir Februari. Namun ia memperingatkan, ISIS akan terus menimbulkan ancaman keamanan yang besar dan serius. Bahkan setelah ISIS dikalahkan .

Meskipun sekarang ISIS kondisinya terpuruk. Keberadaan Pemimpin ISIS Abu Bakar Al Baghdadi hingga saat ini tidak diketahui.

(JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...