LRT Beroperasi Akhir Februari, Jakpro Tunggu Izin Operasi dari Dishub

Rabu, 13 Februari 2019 - 07:30 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kereta cepat Lintas Rel Terpadu (LRT) Jakarta direncanakan akan beroperasi pada akhir Februari ini. Seluruh kesiapannya telah dilakukan baik fisik seperti bangunan, dan juga non-fisik seperti dokumen dan perizinan.

Direktur Proyek LRT Jakarta Propertindo (Jakpro) Iwan Takwin menjelaskan, untuk kereta LRT jurusan Kelapa Gading-Velodrome semua stasiunnya telah selesai hampir 99 persen. Begitupula dengan Depo yang ada di Kelapa Gading, Jakarta Timur.

“Kalau Depo itu stasiun daily maintenance-nya, area stabling-nya, area parkirnya itu akhir bulan ini selesai. Memang yang perlu kami kejar setelah itu adalah fasilitas heavy maintenance, tahunan itu,” jelasnya saat dihubungi JawaPos.com, Selasa (12/2).

Walau tinggal menghitung hari, Iwan mengaku optimis dalam mengejar target sebab dari teknis pengoperasian semua tinggal menunggu rekomendasi yang dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Delapan kereta ini sudah selesai diuji sama Kemenhub. Tinggal kami tunggu rekomendasi dari Kemenhub kan 2 minggu ini sudah menguji di semua baik stasiun, ruang kontrol OCC di Depo kalau sudah keluar, setelah itu Kemenhub kirim ke Dishub baru mereka yang keluarkan izin operasi,” jelasnya.

Sebelum beroperasi pada akhir Februari, Iwan menyatakan bahwa pihaknya akan mengetes keseluruhan sarana dan prasarana kereta LRT. Trial run ini nantinya akan diikuti oleh masyarakat secara terbatas.

“Rencananya 15 Februari, minggu ini tapi bukan berarti langsung jalan nyalakan semua sistem, tapi bertahap. Tujuan utamanya familiarisasi terhadap operator, lamanya 2 minggu sampai akhir bulan ya,” tandasnya.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.