Pelantikan Gubernur Jatim Sore Nanti, Langsung Lanjut ke KPK

Rabu, 13 Februari 2019 - 09:00 WIB

 

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pelantikan gubernur Jatim periode 2019 – 2024 akan dilakukan di Istana Negara pada hari ini (13/2) pukul 15.00 Wib.

Mendagri Tjahjo Kumolo menjelaskan, selain Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak, Presiden Jokowi juga akan melantik Wagub Jambi Fachrori Umar yang naik posisi sebagai gubernur definitif.

Fachrori menggantikan Gubernur Jambi Zumi Zola yang dinyatakan terjerat kasus korupsi dan sudah inkracht.

Menurut Tjahjo, berdasar UU Pemerintahan Daerah, masa jabatan kepala daerah tidak boleh dikurangi sehari pun. Masa jabatan Soekarwo, menurut jadwal, berakhir hari ini.

’’Maka tanggal 13 (besok, Red) atas arahan presiden, waktunya ada, jam tiga sore sementara (pelantikan),’’ ujar Tjahjo.

Bila tidak ada perubahan, sepekan kemudian atau 20 Februari mendatang, giliran gubernur dan wakil gubernur terpilih Riau Syamsuar-Edy Nasution yang dilantik. Disusul gubernur dan wakil gubernur terpilih Maluku Murad Ismail Barnabas Orno yang dilantik pada Maret nanti.

Terakhir adalah pelantikan gubernur dan wakil gubernur terpilih Lampung Arinal Djunaidi-Chusnunia Chalim. ’’Memang lucu, sudah pilpres, tapi ada (pelantikan gubernur). Maluku itu (jadwalnya) Juni,’’ lanjut Tjahjo.

Tidak mungkin jadwal dimajukan mengikuti gubernur lain karena sama saja dengan memotong masa jabatan.

Sebagaimana pelantikan gubernur-gubernur sebelumnya, tetap ada tradisi mengunjungi KPK setelah pelantikan. Karena itu, Khofifah, Emil, dan Fachrori juga akan dibawa tur ke KPK untuk berdialog dengan pimpinan lembaga antirasuah itu.

’’Setelah kami bawa, bisa baik-baik semua. Soal ada (kasus) Jambi dan Bengkulu, itu bukan salah KPK,’’ tambahnya.

Yang penting, gubernur telah bertemu dan berdialog dengan pimpinan KPK pada awal masa jabatan mereka. (byu/c5/oni/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.