Gejala Kanker Darah Kerap Menyerupai Gejala Flu

Jumat, 15 Februari 2019 - 11:34 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Leukemia atau kanker darah adalah kanker jaringan pembentuk darah tubuh, termasuk sumsum tulang dan sistem limfatik. Ada banyak jenis leukemia. Beberapa bentuk leukemia lebih sering terjadi pada anak-anak. Bentuk-bentuk lain dari leukemia kebanyakan terjadi pada orang dewasa.

Leukemia biasanya melibatkan sel-sel darah putih. Sel darah putih Anda adalah pejuang infeksi yang kuat. Sel-sel ini biasanya tumbuh dan membelah dengan teratur, seperti yang dibutuhkan tubuh Anda. Tetapi pada orang dengan leukemia, sumsum tulang menghasilkan sel darah putih abnormal, yang tidak berfungsi dengan baik.

Dilansir dari laman Mayo Clinic bahwa perawatan untuk leukemia bisa menjadi kompleks – tergantung pada jenis leukemia dan faktor lainnya. Tetapi ada strategi dan sumber daya yang dapat membantu membuat pengobatan Anda berhasil.

Gejala
Gejala leukemia bervariasi, tergantung pada jenis leukemia. Tanda dan gejala leukemia yang umum meliputi:

– Demam atau kedinginan
– Kelelahan terus-menerus, kelemahan
– Infeksi yang sering atau parah
– Menurunkan berat badan tanpa berusaha
– Pembengkakan kelenjar getah bening, pembesaran hati atau limpa
– Mudah berdarah atau memar
– Mimisan berulang
– Bintik-bintik merah kecil di kulit Anda (petechiae)
– Keringat berlebihan, terutama di malam hari
– Nyeri atau nyeri tulang

Buat janji dengan dokter jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala persisten yang mengkhawatirkan. Gejala leukemia sering samar dan tidak spesifik.

Anda mungkin mengabaikan gejala leukemia dini karena mereka mungkin menyerupai gejala flu dan penyakit umum lainnya. Jarang, leukemia dapat ditemukan selama tes darah untuk beberapa kondisi lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.