Sebuah Kapal Meledak di Perairan Bengkalis

FAJAR.CO.ID, PEKANBARU – Sebuah kapal dengan lambung MT Adinda meledak di perairan Bengkalis, Jumat (15/2) siang. Tampak api membara dan kepulan asap dari kapal tersebut. Belum diketahui pasti apa yang diangkut kapal tersebut.

Humas Basarnas Kota Pekanbaru, Kukuh Widodo mengatakan, kapal tersebut meledak di koordinat 1 41.678N – 101 52.660 E dengan heading 88,46 jarak 25,72 NM (nautical mile) atau sekitar 46 kilometer dari Pelabuhan Pokala Dumai.

“Basarnas Pekanbaru menerima informasi sekitar pukul 13.30 WIB dari Satria selaku Pandu Pelabuhan Dumai. Bahwa telah terjadi kecelakaan kapal yang mengakibatkan kapal terbakar,” katanya, Jumat (15/2) sore.

Setelah mendapat informasi tersebut, Kepala Basarnas Pekanbaru Gede Darmada langsung memberangkatkan beberapa anggota untuk melakukan pencarian. Selain itu, Kapal KN 218 Dumai yang ada di Pelabuhan Pokala dan KN 411 Pos SAR Bengkalis turut dikerahkan.

“Menurut keterangan nakhoda KN 218 Dumai Leni Tadika, saat ini tim di lokasi kejadian belum mengetahui berapa crew dan apa yang dibawa. Karena, masih dalam proses penyelidikan yang berwenang,” ujarnya.

Sebab, peran Basarnas di sini hanya melakukan evakuasi apabila ada korban jiwa. “Kapal dengan panjang lambung sekitar 30 meter itu belum diketahui dari mana dan mau kemana tujuannya,” kata dia.

Hingga kini, Basarnas bersama pihak terkait seperti Polres Bengkalis dan Satpolair masih berada di lokasi. “Semoga cuaca dapat mendukung dan ombak tidak tinggi,” harapnya.

(JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Sonny Wakhyono

Comment

Loading...