Lebih Sehat dengan Minum 5 Smoothie Segar dari Buah dan Sayur

Sabtu, 16 Februari 2019 - 09:27 WIB

FAJAR.CO.ID – Tak bisa dipungkiri bahwa sayur dan buah sangat bermanfaat bagi kecantikan kulit dan kesehatan tubuh. Selain dimasak atau dimakan langsung, cara paling menyenangkan untuk menikmati buah dan sayur adalah dengan membuat smoothie.

Ada beberapa buah dan sayur yang tepat jika dikonsumsi secara smoothie. Caranya pun cukup mudah. Hnaya perlu siapkan blender dan buah atau sayur yang diperlukan untuk tambahan nutrisi harian Anda. Lalu, tuang 200 ml air dingin ke dalam blender, tambahkan buah dan sayuran, kemudian blender pada pengaturan tinggi selama 10-20 detik. Bisa tambahkan es batu ke dalamnya.

Sebelum membuat smoothie, ada baiknya kenali dulu buah dan sayur yang cocok untuk dibuat minuman tersebut. Berikut manfaat buah dan sayur dilansir dari Men’s Health, Jumat (15/2).

1. Kale – Melawan Kanker

Kale memiliki lebih dari 40 varietas flavonoid yang dapat melindungi jantung. Selain itu, menurut penelitian di Carcinogenesis menemukan bahwa konsumsi teratur kale dapat menghambat perkembangan kanker prostat.

2. Brokoli Ungu – Pertajam Ingatan dan Pikiran

Brokoli berwarna ungu, berfungsi sebagai pembangkit tenaga dan nutrisi sejati. Brokoli adalah sumber selenium yang kaya mineral yang dikenal untuk melawan penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia.

Ini juga mengandung glukosinolat, kalsium d-glarate dan nicotinamide, zat anti penuaan yang kuat. Penelitian dalam jurnal Toxicologyshows menunjukkan bahwa zat-zat tersbeut membantu hati Anda memproses racun berbahaya dan bisa mengeluarkannya dari tubuh lebih cepat.

3. Bayam – Beri Nutrisi Otot

Baby spinach atau bayam mini, bisa menambah kekuatan Anda dan mencegah kehilangan massa otot. Studi di Karolinska Institute di Swedia menemukan bahwa satu porsi bayam sehari menghasilkan cukup nitrat untuk meningkatkan efisiensi otot.

4. Blood Orange – Melawan Penuaan

Pigmen merah yang memberi warna jeruk darah ini disebut anthocyanin flavonoid yang dikenal dengan senyawa anti-penuaan. Penelitian dalam jurnal Applied Physiology, Nutrition and Metabolism menunjukkan buah ini juga dapat mengurangi stres oksidatif dan peradangan setelah berolahraga.

5. Raspberry – Jaga Tubuh Tetap Ramping

Raspberry merupakan sumber antioksidan rendah karbohidrat yang memiliki berbagai manfaat kesehatan. Menurut penelitian dalam jurnal Life Sciences, keton raspberry membantu mengurangi cadangan lemak seiring bertambahnya usia.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.