Risma bakal Berlakukan Kartu Pelajar Sejak TK, Ini Manfaatnya

Sabtu, 16 Februari 2019 - 21:06 WIB

FAJAR.CO.ID, SURABAYA – Pemerintah Kota (pemkot) Surabaya akan memberlakukan kartu pelajar pada semua jenjang pendidikan, termasuk Taman Kanak-kanak (TK). Kartu pelajar itu akan berfungsi seperti KTP. Tujuannya, selain sebagai tanda pengenal, siswa juga dapat menggunakan fasilitas olah raga secara gratis.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan, salah satu fasilitas olah raga di Surabaya misalnya seperti kolam renang. “Nanti kalau sudah sekolah, akan saya buatkan kartu pelajar. Meskipun itu, TK. Sudah kami bicarakan. Kartu itu akan terkait dengan nomor induk kependudukan,” kata Risma di rumah dinas, Sabtu (16/2).

Selain memberikan fasilitas gratis, penerbitan kartu itu juga untuk memudahkan pengawasan dari pemkot. Sebab, siswa kerap memalsukan identitasnya kepada petugas pemkot saat kena razia bolos sekolah.

“Nanti tak minta Dinas Pendidikan, supaya nomor induk siswa juga tertera pada rapor dan ijazah. Panjang memang, tapi enak kami monitoring-nya,” imbuh Risma.

Menurut perempuan asal Kediri itu, jika ada permasalahan terhadap anak, pihaknya akan mudah mencari siapa orang tuanya, di mana sekolahnya, dan di mana tempat tinggalnya. Dia akan mencocokkan semua keterangan tersebut dengan data kependudukan.

Secepatnya, Risma bakal membicarakan rencana itu kepada Dinas Pendidikan. “Sudah saya suruh bikin. Mungkin sebentar lagi. Bayangan saya, ada beberapa kolam renang yang kami bangun. Tapi, yang penting, kami terhubung dengan orang tuanya,” jelasnya.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *