Tragis! 3 Siswa SMPN 25 Semarang Tenggelam Saat Ujian Praktik Renang

Minggu, Maret 24, 2019 - 12:08 pm WIB

FAJAR.CO.ID, SEMARANG – Tiga siswa kelas IX SMPN 25 Semarang tenggelam saat mengikuti ujian praktik renang di kolam renang Paradise Club, Jalan Utari I, komplek perum Indrapsata, Semarang Utara, Sabtu (17/2). Sempat dilarikan ke rumah sakit, nyawa ketiganya akhirnya tak tertolong.

Kapolsek Semarang Utara Kompol I Made Sapru menerangkan, ketiga siswi tersebut adalah Jibran, 15, warga Kuningan; Mutia, 15, warga Bandarharjo; dan Tasa, 16, warga Banowati, Bulu lor, Semarang Utara. Perisitiwa tragis itu terjadi sekitar pukul 10.30 WIB.

Made menceritakan, awalnya 148 siswa SMPN 25 Semarang mengikuti kegiatan penilaian dalam rangka ujian sekolah kelas IX. “Hanya ada dua guru pengawas yang mendampingi,” katanya.

Minimnya jumlah pengawas inilah yang kemudian memicu peristiwa nahas ini. “Saat tiga korban berada di (kolam renang) kedalaman 2,75 meter tidak terpantau,” sambungnya.

Sejumlah pengunjung dan teman-teman korban yang mengetahui situasi tersebut langsung bergegas mengangkat ketiga siswi tadi dari kolam renang. Saat tubuh ketiganya diangkat, denyut nadi korban masih terasa. Namun saat dibawa ke RS Wira Bakti Tamtama (RST), nyawa mereka tak terselamatkan. Kapolsek mengatakan, saat ini jenazah sudah dimakamkan pihak keluarga.

Pasca kejadian, para guru pendamping siswa dan pengelola kolam renang langsung dibawa ke Mapolsek Semarang Utara guna dilakukan pemeriksaan. Apabila ditemukan unsur kelalaian, baik dari pihak sekolah maupun pengelola, besar kemungkinan kasus ini dilanjutkan ke tahap selanjutnya.

“Kami akan dalami SOP di kolam renang, berapa kapasistas maksimal pengunjung, apakah jumlah siswa sebanding dengan jumlah guru pendamping,” tandasnya.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *