Yuk ke Solo, Besok Ada 28.400 Takir Jenang Akan Dibagikan Gratis

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, SOLO – Kota Solo genap berusia 274 tahun pada 17 Februari 2019 besok. Ada banyak kegiatan yang diadakan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo untuk merayakan hari jadi. Salah satunya Semarak Jenang di Plasa Sriwedari, Solo, Minggu (17/2). Dalam gelaran yang rencananya dimulai pukul 09.00 WIB itu ada pembagian 27.400 takir jenang.

Acara dengan tema Pesona Jenang Kemajemukan itu diikuti lebih dari 274 peserta. Mulai dari masyarakat umum, sekolah, BUMN dan 40 pasar tradisional di Solo.

“Ada 17 jenis jenang atau bubur yang akan dibagikan gratis kepada warga,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Solo Hasta Gunawan, Sabtu (16/2).

17 Jenis jenang di antaranya jenang katul, jenang abang putih, jenang sengkolo, lemu, procot, dan sepasaran. Ada pula jenang timbul, rangrang, raming, sumsum, grenduk, saloko, pati, dan jenis jenang lainnya.

Setiap peserta akan menghadirkan 100 takir jenang. Sehingga total jenang yang akan dibagikan sebanyak 27.400 takir. “Jumlah pendaftar sangat banyak dan terus bertambah. Agar nuansa tradisional terasa, maka tenda yang akan digunakan kami pasang bleketepe. Kemudian yang membagikannya menggunakan pakaian tradisional,” kata Hasta.

Selain pembagian 27.400 takir jenang gratis, dalam Semarak Jenang juga akan digelar gunungan jenang. Ada 1.000 takir jenang yang disusun menyerupai sebuah gunung. Kemudian gunungan akan digotong sejumlah orang.

1.000 Takir jenang juga akan ikut dibagikan kepada masyarakat. Dengan adanya tambahan tersebut, total jenang yang akan dibagikan kepada masyarakat mencapai 28.400 takir.

“Ditambah yang gunungan, jadi totalnya sebanyak 28.400 takir jenang. Secara simbolis nanti pak wali (Wali Kota Solo, red) yang akan membagikan jenang,” pungkas Hasta.

(JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...