Calo CPNS di Jeneponto Diciduk Polisi

Minggu, 17 Februari 2019 - 14:51 WIB
FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Polres Jeneponto berhasil mengungkap praktik penipuan dengan modus dapat meluluskan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Kini tersangka yang dikatahui inisial ABS sudah ditahan di sel tahanan Mapoles Jeneponto.
ABS dibekuk petugas, Rabu siang (13/2) sekitar pukul 13.00 Wita. Kala itu, warga Jalan AM Ali Gassing, Kelurahan Pabbiringan, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto ia tengah mengemudikan mobil Avanza. Dia pun langsung diborgol dan digiring ke Mapolres Jeneponto.
Dalam pemeriksaan, terungkap bahwa ABS menjadi terlapor dalam tindak pidana penipuan. Dia mengambil uang korbannya dengan menjanjikan untuk memuluskan masuk bintara TNI dan CPNS. Hanya saja, modus yang dijalankan ABS masih dalam penyelidikan petugas Polres Jeneponto.
Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani yang dikonfirmasi, mengaku sudah mendapat informasi penangkapan tersangka oleh Satreskrim Polres Jeneponto.”Pelaku menjanjikan korbannya bisa lulus bintara TNI. Dia masih menjalani pemeriksaan di Polres Jeneponto,” ujar Dicky.
Kasat Reskrim Polres Jeneponto AKP Boby Rahman yang dikonfirmasi terpisah, membenarkan penangkapan pelaku penipuan calon bintara TNI itu. Dari keterangan ABS, dia mendatangi korban dengan tujuan menawarkan diri membantu mengurus agar bisa menjadi anggota TNI.
Saat pertemuan berlangsung, pelaku meminta uang korban sebagai syarat agar korban bisa lulus. Korban yang teperdaya diminta menyerahkan uang Rp230 juta. Namun hanya Rp81 juta yang diberikan.
”Korbannya tidak hanya satu otang. Selain menjanjikan kelulusan menjadi bintara TNI, pelaku juga berjanji meluluskan korban jadi PNS,” terang AKP Boby Rahmat.
Merasa tertipu, korban kemudian mengadukan kejadian yang dialaminya ke polisi.
(ish/rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.