Cuaca Buruk, Adi Soemarmo Ditutup 45 Menit

Minggu, Maret 24, 2019 - 11:38 am WIB

FAJAR.CO.ID, SOLO – Otoritas Bandara Internasional Adi Soemarmo, Solo terpaksa menutup operasional bandara selama lebih kurang 45 menit. Penutupan ini dilakukan lantaran cuaca buruk yang terjadi sehingga membuat jarak pandanghanya berkisar 600 meter saja.

Akibat penutupan tersebut, setidaknya ada dua penerbangan yang ikut terdampak, yakni Citilink dan Lion Air.

Pejabat Humas Bandara Adi Soemarmo Solo, Danar Dewi membenarkan informasi tersebut. Menurutnya, dengan kondisi cuaca tersebut sangat tidak memungkinkan untuk tetap melakukan penerbangan. Sehingga, pihak bandara pun melakukan penutupan untuk sementara.

“Penutupan dilakukan selama 45 menit, mulai pukul 17.30 WIB sampai 18.15 WIB. Ini karena kondisi cuaca buruk,” ungkapnya, Minggu (17/2).

Cuaca buruk yang sempat terjadi, kata Danar, membuat jarak pandang hanya sejauh 600 meter saja. Padahal, normalnya adalah 1,6 kilometer. Dengan terbatasnya jarak pandang tersebut, maka diambil keputusan untuk melakukan penutupan sementara.

Akibat penutupan tersebut, Danar menambahkan, setidaknya ada dua jadwal penerbangan dari Solo yang tertunda. Dua penerbangan tersebut yakni Citilink dengan kode penerbangan QG 127 dengan rute Solo-Halim Perdana Kusuma. Dan satu lagi pesawat Lion Air dengan kode penerbangan JT 539 dengan rute Solo -Soekarno Hatta.

“Tapi kalau untuk penerbangan dengan tujuan Solo tidak ada yang terdampak,” ucapnya. Penutupan akibat cuaca buruk sebelumnya juga pernah dilakukan oleh otoritas bandara pada Jumat (15/2) lalu. Waktu itu, Bandara sempat ditutup selama 40 menit dengan penyebab yang sama yakni cuaca buruk.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *