Pemkab Bantul Berlakukan Tarif Masuk Baru ke Wisata Pantai

Minggu, 17 Februari 2019 - 12:17 WIB

FAJAR.CO.ID, BANTUL – Wisatawan yang akan berwisata ke pantai-pantai di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) harus bersiap untuk merogoh kocek tambahan. Sebab mulai Juni atau menjelang masa libur lebaran nanti akan dikenai tarif baru.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Kwintarto Heru Prabowo mengatakan, tarif masuk ke pantai sebelumnya sebesar Rp 7 ribu akan naik menjadi Rp 10 ribu. “Tahun ini akan kami sesuaikan tarifnya. Rencana mulai Juni atau libur hari raya,” katanya, Minggu (17/2).

Tarif masuk yang berlaku nanti sebesar Rp 10 ribu per orang, baik ketika ada maupun tidak ada atraksi wisata. Aturan ini, tak hanya berlaku di pantai yang selalu menjadi primadona saja, seperti Parangtritis, Parangkusumo, maupun Depok.

Namun, juga diterapkan di seluruh pantai yang berada di wilayah Bantul. Yakni Samas, Goa Cemara, Baru, Kuwaru, hingga Pandansimo. “Seluruh pantai nanti tarif masuknya akan sama,” katanya.

Adanya kebijakan penyesuaian tarif ini, tentunya akan berimbas kepada wisatawan. Contohnya, dengan adanya penataan warung supaya bisa semakin membuat nyaman mereka yang berkunjung. “Pastinya ada,” kata dia.

Kwintarto juga menyebut, tahun ini penyesuaian tarif masuk wisata hanya di pantai saja. Sedangkan untuk wisata Goa masih sama, yakni Rp 6 ribu. “Tarif masuk ke Goa tidak berubah,” ucapnya.

Ia melanjutkan, untuk target Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor wisata di Kabupaten Bantul pada 2019 sebesar Rp 27,3 miliar. Ia harap bisa terlampaui seperti pada 2018 silam. “Tahun lalu, kami target Rp 26 miliar, dan bisa mendapatkan 29 miliar. Tahun ini semoga bisa tercapai,” ucapnya.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.