Prediksi Tira Persikabo vs Persija Jakarta: Ujian Tanpa Simic

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Persija Jakarta harus meladeni Tira Persikabo pada leg pertama babak 16 besar Piala Indonesia 2018-2019, Minggu (17/2) sore WIB tanpa striker andalan Marko Simic. Seperti diketahui, Simic tengah menjalani proses hukum di Australia terkait tuduhan pelecehan terhadap seorang perempuan di dalam pesawat. Simic harus berada di Australia sampai sidang digelar pada 9 April mendatang.

Tentu, tanpa Simic ketajaman Persija berkurang. Maklum saja, penyerang asal Kroasia itu merupakan tumpuan utama di lini depan. Saat Persija menyingkirkan 757 Kepri Jaya di babak 32 besar, Simic adalah aktor utama.

Bisa dibilang, ini menjadi ujian pertama Persija tanpa Simic. Bukan apa-apa, lawan adalah Tira Persikabo yang saat ini berubah. Mereka kini dilatih oleh mantan pelatih Persija, Rahmad Darmawan. Racikan RD – sapaan akrabnya, sudah terbukti saat menyingkirkan Seman Padang di babak 32 besar.

Untuk menggantikan posisi Simic, pelatih Ivan Kolev kemungkinan memainkan Bambang Pamungkas. Selain itu, Kolev bisa memainkan penyerang Heri Susanto. Kemungkinan-kemungkinan itu bisa dilakukan karena Kolev juga berencana melakukan rotasi.

Dalam laga nanti, Kolev bisa saja menurunkan pemain pelapis. Dia sengaja mengistirahatkan sejumlah pilar karena untuk recovery. Seperti diketahui, Persija baru saja menghadapi Newcastle Jets di kualifikasi Liga Champions Asia di Australia. Namun, Kolev memastikan akan memainkan 3 pemain asing barunya yang memang tak bisa tampil di kualifikasi Liga Champions Asia. Mereka adalah Bruno Matos, Vinicius Lopes, dan Jakhongir Abdumuminov.

“Situasi kami sedikit sulit karena tidak ada persiapan yang baik karena tiga hari yang lalu baru saja memainkan laga yang sangat ketat di Australia. Kami berlaga hingga 120 menit. Perjalanan yang cukup lama tentu juga cukup memengaruhi kondisi pemain. Saat ini fokus kami ke pemulihan pemain. Tentu saja beberapa pemain penting akan tidak tampil,” sebut Kolev.

“Ada peluang Bambang untuk main. Saya pikir kondisi dia (Bambang) cukup bagus untuk main,” imbuhnya.

Meski akan memainkan pemain pelapis, Kolev menegaskan tetap mengincar kemenangan. Dia tak ingin timnya kesulitan dalam menghadapi leg kedua nanti.

Sementara itu, Tira Persikabo menegaskan bahwa laga leg pertama menjamu Persija sangat penting. Itu menentukan langkah mereka ke babak perempat final. Rahmad Darmawan meminta kepada para pemainnya bisa tampil maksimal demi poin yang absolut. Tentunya untuk bisa menjadi modal untuk bertandang ke markas Persija pada leg kedua.

RD – sapaan akrab Rahmad Darmawan, menjelaskan bahwa timnya lebih mengedepankan keseimbangan dalam menyerang dan bertahan. Karena dia tahu kualitas pemain dan permainan Persija. Berdasar itu, para pemainnya harus punya sisi bertahan dan menyerang yang seimbang.

“Fokus kami lebih ke bagaimana mengantisipasi kelebihan Persija sebagai sebuah tim yang sudah teruji. Mereka bisa saja bermain dengan tempo cepat. Kami melawan tim yang memang sangat siap, karena mereka tidak hanya bermain untuk Piala Indonesia. Sebelumnya mereka bermain di kualifikasi Liga Champions Asia, dan setelah itu mereka bermain di Piala AFC. Artinya, Persija sudah sangat siap,” sebut RD.

“Laga kandang ini menentukan. Saya ingin memenangkan pertandingan. Tapi untuk mencapai itu ada sebuah proses. Anak-anak harus bermain lepas, dan itu menjadi kunci meredam pengalaman Persija,” imbuh RD.

(JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...