Fadli Zon Minta Panelis Dihapus Pada Debat Mendatang

February 18, 2019

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Anggota Dewan Pengarah Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi Fadli Zon merasa tidak happy dengan pelaksanaan debat kedua capres. Debat yang berlangsung yang mempertemukan Jokowi dengan Prabowo Subianto itu dianggap masih ada kekurangannya.

Menurut dia, debat kedua memang ada kemajuan dari sisi sistemnya. Namun untuk debat berikutnya dia berharap tidak perlu lagi ada panelis yang membuat pertanyaan. Lebih baik para calon itu melontarkan pertanyaan satu sama lain.

“Mungkin nanti tim ini saya usulkan nggak usah ada lagi panelis lah,” ujar Fadli di Hotel Sultan Jakarta, Minggu (17/2).

Wakil Ketua Umum partai Gerindra itu menginginkan agar debat menganut format seperti di Amerika. Selama debat kandidat saling bertanya satu sama lain. Moderator hanya sebagai pengatur lalu lintasnya dan membatasi jika sudah keluar dari konteks.

Hal ini dipandang perlu karena pertanyaan yang dibuat oleh panelis terkadang tidak sesuai dengan keadaan yang terjadi sekarang. Sehingga, dianggap tidak relevan untuk disajikan kepada publik.

“Pertanyaan-pertanyaan panelis ini menurut saya juga kadang-kadang nggak aktual. Keliatan dicanggih-canggihkan padahal juga belum tentu penting,” imbuhnya.

Selain itu, Wakil Ketua DPR itu menilai masih ada potensi kebocoran selama pertanyaan masih dibuat oleh panelis. Dengan debat bebas itu, diharapkan bisa lebih menjaga sportifitas persaingan.

“Apalagi juga bisa terjadi kebocoran. Mudah-mudahan tadi nggak bocor. Tapi kan kita ini hidup di Indonesia bukan saya curiga gitu, tapi bisa saja ada kebocoran dari pertanyaan-pertanyaan itu,” pungkas Fadli.

(JPC)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *