Peserta Masih Minim, Pendaftaran SNMPTN Tidak Ada Perpanjangan Waktu

Senin, 18 Februari 2019 - 16:30 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Panitia Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) tidak akan memperpanjang batas akhir masa pendaftaran SNMPTN 2019. Jika belum melakukan finalisasi hingga 19 Februari pukul 22.00, siswa dianggap tidak menggunakan haknya untuk mendaftar.

Ketua Koordinator Pelaksana Teknis LTMPT Budi Prasetyo Widyobroto menuturkan, tambahan lima hari masa pendaftaran dirasa cukup. Total sudah 16 hari panitia memberikan kesempatan kepada siswa untuk memilih jurusan dari 83 universitas negeri di Indonesia sesuai dengan minat dan kemampuan. Apalagi, masalah server yang kerap down sudah tidak lagi dialami.

Server yang semula berjumlah 13 kini sudah ditingkatkan menjadi 25. Masing-masing bisa mengatasi 150 ribu peserta yang mengakses.

“Saya kira kami sudah cukup menunggu. Kalau memang ada siswa yang tidak menggunakan haknya, ya ngapain,” ucap Budi saat dihubungi Jawa Pos kemarin.

Budi menyadari, mendaftar atau tidak adalah hak siswa maupun sekolah. “Artinya, siswa maupun sekolah boleh menggunakan haknya atau tidak. Bergantung keputusan masing-masing,” terang dia.

Berdasar data yang masuk hingga pukul 17.30, baru 60 persen siswa yang mendaftar dari jumlah total 778.849 siswa yang layak dan berhak mendaftar. Itu sekitar 472.371 peserta. Meski begitu, belum seluruhnya melakukan finalisasi. Hanya 459.820 orang yang sudah melakukan finalisasi dan mencetak kartu ujian.

Dosen Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada itu juga mengeluhkan minat masyarakat yang memilih mendaftar di akhir waktu. Dia juga tidak memungkiri bahwa peningkatan jumlah pendaftar selama dua hari kemarin kurang menggembirakan. Hanya meningkat 29.526 peserta sejak update pada 15 Februari.

Untuk menggenjot jumlah pendaftar, lanjut Budi, pihaknya sudah melakukan segala upaya untuk sosialisasi. Salah satunya, membuat running text di berbagai televisi nasional. “Kami lakukan imbauan di TV setiap hari. Harapannya, masyarakat melihat itu dan segera mendaftar sampai tuntas,” terang Budi.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.