Supercar Ferrari Bermesin V8 Hybrid Pertama Siap Meluncur Tahun Ini

Senin, 18 Februari 2019 - 17:33 WIB

FAJAR.CO.ID – Raksasa otomotif asal Italia, Ferrari siap menghadirkan model baru supercar-nya pada pertengahan 2019. Mobil terbaru itu dikabarkan tidak lagi menggunakan mesin konvensional. Tetapi, sudah mengaplikasikan mesin V8 hybrid.

Meskipun lahir dengan mesin hybrid, namun mobil itu tidak masuk dalam kategori edisi khusus Ferrari. Sebagai mobil istimewa, Ferrari hybrid tidak akan diperkenalkan pada momen totor show. Ferrari memilih menyiapkan momen khusus sendiri untuk memperkenalkannya.

Jika rumor itu benar, maka mobil itu akan menjadi model pertama kendaraan hybrid pertama Ferrari. Sekaligus bisa menjadi trendsetter bagi brand supercar lainnya untuk mengupdate mobil kencangnya dengan mesin baru.

CEO Ferrari Louis Camilleri telah membeberkan bahwa mobil ini telah mendapat pengembangan maksimal yang dikerjakan dalam beberapa tahun terakhir. Soal pilihan menggunakan mesin hybrid, dilakukan untuk menjawab komitmen Ferrari dalam upaya pengembangan mobil yang lebih ramah lingkungan.

“Memang, model baru Ferrari akan menggunakan powertrain hybrid V8 dan hasilnya telah final untuk tahun kalender 2018. Akan ada momen khusus untuk memperkenalkan model baru ini pada publik, sekaligus memberitahu bahwa mobil ini akan diproduksi secara reguler ” kata Camilleri dikutip Carscoops, Senin (18/2).

Ferrari memang belum mengungkap spesifikasi mobil ini secara detail. Tetapi mereka sangat optimistis bahwa mobil ini akan terus mempertahankan tradisi Ferrari sebagai mobil Italia yang sporty dan tetap menjaga kekuatan performanya.

Sebagai supercar, tentunya Ferrari telah mempersiapkan baterai besar yang akan menunjang performa mobil tersebut. Mesin V8 hybrid yang digendongnya diklaim akan mamiliki power 711 tenaga kuda dengan sumber tenaga dari baterai berkekuatan 530 kilowatt.

Pengembangan supercar hybrid ini memang sangat spesial karena meneruskan mimpi mendiang bos Ferrari Sergio Marchionne yang pernah mengumumkan bahwa perusahaannya mengerjakan V8 hybrid untuk diperkenalkan pada 2019. Pada saat itu, ia masih menolak untuk menjelaskan kepada publik perihal powerplant yang akan digunakan.

Meskipun demikian, ia dengan tegas mengatakan bahwa Ferrari berjanji akan membawa produk-produk baru. Misalnya, dengan model mesin elektrifikasi yang membuka ruang pengembangan Ferrari menjadi lebih canggih. Sergio Marchionne sangat optimistis Ferrari akan menjadi mobil listrik secara penuh pada tahun 2022 mendatang.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.