Yuk Muter-muter Kota Semarang dengan Bus Tingkat ‘Si Kuncung’, Dijamin Gratis

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, SEMARANG – Kota Semarang saat ini menambah satu unit bus tingkat atau doubledecker yang digunakan sebagai sarana angkutan wisata.

Bersama Si Kenang dan Si Denok yang telah lebih dulu beroperasi, Si Kuncung akan melayani warga masyarakat dan wisatawan menuju berbagai destinasi wisata di Kota Semarang secara gratis.

Walikota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, Si Kuncung ini merupakan bus wisata di Kota Semarang yang ketiga. Yang pertama dibeli dengan APBD seharga Rp 3,5 miliar namanya Si Kenang. Kemudian yang kedua merupakan CSR dari CIMB Niaga namanya Si Denok.

“Dan hari ini tanpa diduga Si Kenang dan Si Denok menjalin hubungan khusus sehingga lahirlah Si Kuncung. Jadi nanti kalau ada lagi akan kita beri nama Si Genduk,” katanya usai meresmikan operasional bus tingkat anyar itu, di halaman Balaikota Semarang, Senin (18/2).

Peluncuran bus tersebut bertepatan dengan peringatan 3 tahun masa kepemimpinannya bersama Wakil Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu sejak dilantik pada tanggal 17 Februari 2016.

“Secara kebetulan bus ketiga ini ada di tahun ketiga, semoga menjadi pertanda baik untuk Kota Semarang,” ujarnya.

Seusai diluncurkan, Hendi mencoba langsung kecanggihan dan kenyamanan bus yang merupakan program CSR atau bantuan langsung dari PT Djarum Foundation tersebut.

Hendi bersama jajaran Forkopimda, para pimpinan OPD langsung mencoba Si Kuncung dari halaman Balaikota Semarang menuju Taman Srigunting dan Bandara Jenderal Ahmad Yani.

Hendi mengatakan bahwa bus baru ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas lengkap. Dengan fasilitas lengkap yang ada di bus, diharapkan nantinya akan membuat masyarakat dan wisatawan merasa nyaman saat menggunakan transportasi ini.

“Harapannya dengan kehadiran Si Kuncung, warga masyarakat baik lokal maupun luar Kota Semarang dapat semakin terfasilitasi dan merasa lebih nyaman jika ingin berwisata di sini. Apalagi naik bus ini gratis,” ungkapnya.

Dari data Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang, bus tingkat Si Kuncung memiliki kapasitas penumpang sebanyak 69 kursi. Untuk mesinnya, berkapasitas 12.000 CC dengan enam silinder.

Kepala Dishub Kota Semarang M Khadhik menjelaskan bahwa bus Si Kuncung sudah mulai beroperasi hari ini dengan rute dan jadwal yang sama seperti bus Si Kenang dan Si Denok. (sen)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment