Kinerja Birokrasi Masih Rendah, Menpan-RB Ingin Sulsel Sejajar Yogyakarta Tahun 2020

Minggu, Maret 24, 2019 - 11:45 am WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Syafruddin menginginkan provinsi Sulawesi Selatan bisa sejajar dengan Yogyakarta soal reformasi birokrasi.

“Saya menginginkan Sulsel ke depan tahun 2020 sama dengan Yogyakarta yang sudah berada pada posisi atas. Sulsel sekarang nilainya masih B kecil, jadi untuk ke Yogya harus tiga step lagi,”ujarnya pada acara Sakip Award 2018 di Hotel Four Point by Sheraton Makassar, Selasa (19/2/19).

Syafira juga berharap agar Sulsel bisa meraih predikat A ke depannya seperti empat provinsi lain di Indonesia, diantaranya Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Kalimantan Selatan.

Dikatakan Syafruddin, program Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) yang diterapkan pada setiap birokrasi di Indonesia menjadi aliran nafas yang mengerucut pada perubahan. Program Sakip ini juga banyak dicontoh pada negara berkembang hingga negara maju.

“Sakip adalah sistem yang muncul dari negara kita, kita tidak mencontoh negara lain. Salah satu peneliti dari luar negeri berjanji akan memakai sistem ini untuk konsultasi ke negara lain. Allhamdulillah ini diadopsi oleh negara lain bukan hanya negara berkembang tapi juga negara maju,”jelasnya.

Tak hanya itu, melalui Sakip, paradigma kinerja pemerintahan dapat diubah. Dan anggaran yang digelontoroan digunakan untuk kepentingan program Sakip.

“Tentunya juga mendorong penguatan Sakip yaitu menyederhanakan laporan pemerintah daerah. Tahun lalu 6,9 triliun rupiah diefesiensikan untuk program ini pada 10 provinsi, dan 174 kabupaten kota untuk wilayah III,”pungkasnya. (sul/fajar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *