Belum Ditutup, Rekrutmen PPPK Berlanjut di Triwulan Ketiga

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Pelaksanaan pendaftaran rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) belum sepenuhnya ditutup. KemenPAN-RB menegaskan, rekrutmen PPPK ini berlanjut pada triwulan ketiga.

“Jadi yang belum mengajukan nanti di periode triwulan ketiga ini akan dilaksanakan dan anggarannya akan turun,”ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Syafruddin saat berada di Makassar, Selasa (19/2/19).

Syafruddin mengatakan bahwa tersisa 100 kabupaten kota dari 362 yang mengajukan usulan PPPK. Sebab masih banyak yang mempertimbangkan keuangan daerah.

“Nanti akan disesuaikan dengan keuangan daerah dan APBN. Jadi yang belum mengajukan itu nanti akan dihitung di triwulan ketiga yang akan disesuaikan,”bebernya.

Sementara daerah yang telah mengajukan pelaksanaan PPPK ini, sistem penggajian disesuaikan dengan APBD dan APBN.”Jadi tidak ada simpang siur disitu itu jalan saja,”jelasnya.

Menurutnya, penerimaan PPPK ini wajib sesuai amanat undang-undang. Hal ini juga akan dilakukan untuk menampung honorer yang telah mengabdi selama puluhan tahun. Ia mengatakan, PPPK juga merupakan aparatur sipil negara (ASN). Dimana sistem penggajiannya sama dengan pegawai negeri sipil (PNS).

“Jadi kalau dia jadi ASN tentu gajinya sama dengan PNS. PPPK sistem kontrak dan gajinya akan diatur oleh Permenpan dan akan dievaluasi pertahun, sama juga dengan PNS yang dievaluasi pertahun. Tentang kontraknya nanti akan selesai setelah keluar Permenpan dan akan disesuaikan,”pungkasnya. (sul/fajar)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Syarifah Fitriani

Comment

Loading...