Din Syamsuddin Sebut Partai Islam Sekarang Porak-poranda

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Din Syamsuddin menyoroti kondisi partai politik (parpol) berbasis pemilih Islam. Dia menyebut ‘partai Islam’ sekarang dalam keadaan porak-poranda karena memiliki kepentingan masing-masing.

“Partai-partai Islam itu kan yang secara bersengaja ingin menyandarkan diri pada Islam. Porak-poranda dalam arti ingin jalan masing-masing,” ujar Din di kantor MUI Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (20/2).

Meski begitu, Din mengakui memang sistem politik Indonesia sekarang memungkinkan mereka menganut multyparty system. Hanya saja situasi itu tidak memberikan dampak positif pada kekuatan politik islam.

“Seyogyanya kekuatan politik islam tuh menjadi kekuatan bangsa untuk memperjuangkan nilai-nilai etika islam,” imbuhnya.

Din menilai seharusnya seluruh partai islam membentuk koalisi bersama. Mereka berjuang untuk pembangunan ekonomi hingga kebudayaan bangsa.

Namun, hal itu tidak terjadi di masa sekarang. Dalam hal pencalonan Presiden pun masing-masing partai sudah mempunyai calonnya.

“Jadi terlalu berat pragmatisme dan kepentingan politik bersifat duniawi. Ini yang dari sudut kami, ormas-ormas ini sangat disayangkan,” pungkas Din

(JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Sonny Wakhyono

Comment

Loading...