Waspada, Bakteri Abnormal Dalam Mulut Picu Komplikasi Penyakit

Rabu, 20 Februari 2019 - 19:25 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Untuk berani speak up, dibutuhkan kepercayaan diri yang bisa didapatkan ketika sesorang memiliki kesehatan mulut dan gigi yang baik. Mulut merupakan bagian dari sistem pencernaan dan menjadi gerbang masuknya berbagai gangguan pencernaan dan penyakit.

Drg. Yudha Rismanto, Sp.Perio, Praktisi Kesehatan Gigi menjelaskan, bakteri normal yang hidup dalam mulut bila tidak terkendali akan berkembang biak dan menimbulkan gangguan fungsi pengunyahan, infeksi bahkan penyakit dalam gigi, mulut dan gusi.

“Jika tidak dirawat dengan baik akan menimbulkan berbagai masalah seperti gigi berlubang, bau mulut, karies dan plak,” ujar drg. Yudha di kawasan Cikini, Jakarta, Rabu (20/2).

Bahkan, lanjut ia bakteri abnormal dapat menimbulkan komplikasi seperti kelainan pada organ vital seperti jantung, ginjal, hati maupun paru.

Sikat gigi sendiri hanya membersihkan 25% dari mulut sehingga ini tidak cukup karena masih ada 75% bagian rongga mulut yang sering terabaikan kebersihan dan kesehatannya.

“Olehnya itu setelah sikat gigi sehabis makan dan sebelum tidur, kita perlu membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi, dan diakhiri dengan berkumur menggunakan mouthwash,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.