Anies Pecat 45 PNS yang Terjerat Korupsi

Kamis, 21 Februari 2019 - 06:26 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Badan Kepegawaian Negara (BKN) merilis adanya Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang tersangkut korupsi sejak 2 Oktober 2018. Dari data tersebut tercatat 52 PNS merupakan PNS Pemprov DKI Jakarta.

Kepala BKD DKI Jakarta Chaidir mengoreksi, sesuai data yang dimilikinya ada 51 pegawai Pemprov DKI Jakarta. Sedangkan satu orang diantaranya belum termasuk PNS Pemprov DKI, melainkan PNS dari Kementerian Kesehatan.

“Total yang pegawai DKI ada 51 orang, karena 1 pegawai belum menjadi PNS DKI melainkan dari Kementerian Kesehatan,” kata Chaidir, Rabu (20/2).

Dari jumlah tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah memberikan tindakan kepada yang bersangkutan. Dengan rincian berhentikan secara tidak hormat 45 orang dan pemberhentian sementara sebanyak 6 enam orang.

“Nah dari 6 orang itu, 3 orang di antaranya dalam proses pemberhentian tidak dengan hormat,” ungkapnya.

Chaidir pun mengungkapkan gaji PNS yang terpidana korupsi tidak akan diberikan utuh. Bahkan 45 orang diantaranya sudah tidak diberikan gaji lagi. Sedangkan yang sebagian hanya menerima setengah dari gaji.

“Oh begini prosesnya 45 PNS sudah putus gajinya dan 6 PNS sudah diberikan potongan jadi 50 persen saja terima gajinya,” terangnya.

Selain itu, Chaidir pun menegaskan sesuai aturan pihaknya akan memberhentikan sementara dari jabatan apabila PNS telah menjadi tersangka dan ditahan. Lalu, memberhentikan dengan tidak hormat sebagai PNS apabila telah divonis bersalah oleh pengadilan dan telah memiliki kekuatan hukum tetap.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.