Kebakaran di Bangladesh, 70 Orang Tewas

0 Komentar

FAJAR.CO.ID – Korban tewas akibat kebakaran di Dhaka, Bangladesh, melonjak drastis menjadi 70 jiwa pada hari Kamis (21/2). Jumlah jni diperkirakan terus meningkat ketika petugas pemadam kebakaran menyisir puing-puing bangunan yang hancur.

Kebakaran gedung besar relatif umum terjadi di Bangladesh, sebagian karena peraturan yang longgar, dan insiden seperti ini telah menewaskan ratusan orang dalam beberapa tahun terakhir.

“Sejauh ini sebanyak 70 jenazah telah ditemukan. Jumlahnya dapat meningkat lebih lanjut saat pencarian terus berlangsung,” kata Direktur Dinas Pemadam Kebakaran dan Pertahanan Sipil, Julfikar Rahman dilansir dari Reuters, Kamis (21/2).

Kebakaran itu bermula di sebuah gedung berlantai empat pada Rabu malam dan menyebar ke bangunan-bangunan terdekat di daerah Chawkbazar, Dhaka Lama.

Rahman mengatakan, setidaknya 50 orang telah dibawa ke rumah sakit, beberapa dalam kondisi kritis. Ratusan orang bergegas ke Fakultas Kedokteran dan Rumah Sakit Dhaka untuk mencari kerabat yang hilang. Ini menurut para saksi mata.

Sekitar 200 petugas pemadam kebakaran berjuang selama lebih dari lima jam untuk mengendalikan kobaran api. Mereka mengatakan, bangunan tempat kebakaran dimulai merupakan gudang plastik dan berisi bahan yang mudah terbakar.

Rahman mengatakan, hingga saat ini penyebab kebakaran masih diselidiki. Dia mengatakan, petugas pemadam kebakaran telah berjuang untuk menemukan air yang cukup untuk melawan kobaran api dan harus mengambil pasokan dari masjid terdekat.

Kebakaran itu kemungkinan akan memusatkan perhatian pada lemahnya penegakan peraturan keselamatan bangunan di Bangladesh, tempat kecelakaan menewaskan ratusan orang setiap tahun.

(JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment