Ragunan Bakal Barter Harimau dengan Jerapah

Kamis, 21 Februari 2019 - 11:50 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Kebun Binatang Ragunan Jakarta akan kedatangan penghuni baru. Pengelola sedang menyiapkan barter satwa dengan Australia. Yakni, Harimau Sumatera atau Panthera Tigris Sumatrae dengan Jerapah. “Dalam waktu dekat, kami akan kirim Harimau Sumatera ke Australia,” ungkap Ketua Tim Dokter Kebun Binatang Ragunan Syafri Edwar.

Untuk realisasinya, pihak Ragunan masih menunggu. Ada beberapa syarat administrasi yang harus dilengkapi. “Mungkin dalam satu dua bulan ini,” ujar Syafri.

Barter satwa adalah hal yang biasa dilakukan. Khususnya pada satwa yang jumlahnya berlebih di kebun binatang. Itu juga dilakukan untuk mencegah kawin sedarah. Sebab sangat tidak bagus untuk reproduksi satwa. Bisa saja satwa hasil kawin sedarah akan lebih mudah terpapar penyakit. Sistem imunnya tidak kuat.

Selain ke Australia, Ragunan juga akan melakukan barter ke Kebun Bintang Solo. Lalu, Ragunan akan barter macan tutul ke Singapore Zoo. “Yang ke Singapore Zoo darah baru saja. Sama-sama macan tutul,” terangnya.

Rabu (20/2), pihak Ragunan mengantarkan dua orang utan ke Medan Zoo. Satu jantan bernama Diimbah, 23, dan betina bernama Hamidah, 15. Ragunan juga membawa Kapibara dan Burung Pelikan. Tiga jenis satwa itu dibarter dengan dua Harimau Sumatra yang jumlahnya di Medan Zoo sudah cukup banyak.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.