Tingkatkan Kapasitas Perusahaan, Apindo Gandeng BLK Perkuat SDM

Kamis, 21 Februari 2019 - 13:25 WIB

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sulsel berupaya melakukan peningkatan kapasitas perusahaan dalam mengahadapi era industri 4.0, terutama masalah sumber daya manusia (SDM).

Peningkatan kapasitas dalam hal SDM ini sangat perlu apalagi menghadapi era industri dengan persaingan pasar bebas di tahun 2020 nanti.

Tak hanya itu, Apindo juga berusaha meningkatkan kapasitas setiap perusahaan baik di Makassar secara khusus maupun Sulsel secara umum dari segi infrastruktur, serta teknologi.

“Dan target jangka menengah kita adalah tahun 2020 nanti perusahaan industri yang ada di kota Makassar atau sekitarnya itu juga bisa masuk produknya ke pasar Asia. Karena tahun 2020 itu sudah masuk perdagangan bebas dan jangan Samapi kita menjadi penonton saja,”kata Ketua Apindo Makassar, Muammar Muhayang saat ditemui di Kantor Balai Latihan Kerja (BLK) Makassar, Kamis (21/2/19).

Menurutnya, selama ini Indonesia tidak kekurangan pada modal usaha. Akan tetapi, kapasitas sumber daya manusia yang belum mampu bersaing baik secara nasional apalagi Internasional.

Untuk itu, kata Muammar, Apindo menggandeng Balai Latihan Kerja (BLK) sebagai salah satu sarana untuk menghasilkan tenaga kerja yang terampil dan bersertifikasi dalam menghadapi era industri.

“Ini penting terutama tenaga kerja yang mempunyai keterampilan, softskill dalam menghadapi era industri yang penuh tantangan global,”terangnya.

Dalam peningkatan SDM ini, Apindo melibatkan 20 UKM di Kota Makassar. Apindo juga melakukan sosialisasi terkait pemenuhan kebutuhan industri ke depannya.”Sehingga sekarang hampir semua siswa di BLK atau calon tenaga kerja ini sudah mudah untuk menjadi anggota Apindo,”jelasnya. (sul/fajar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *