Hidup Bebas dari Sampah Dimulai dari Pikir Ulang

FAJAR.CO.ID, JAKARTA - Setiap tahunnya, dunia memproduksi 2,12 miliar ton sampah, dan 400 juta ton di antaranya merupakan sampah plastik. Indonesia sendiri menyumbang 65,8 juta ton sampah per tahun, dimana 16% dari jumlah tersebut merupakan sampah plastik.

Dari seluruh jumlah sampah plastik yang dihasilkan dunia, kita baru berhasil mendaur ulang sebanyak 9% sampah, 12% dari sampah plastik tersebut dibakar dan sisanya dibawa ke TPA, tercecer atau terbawa ke laut.

Dengan adanya fakta tersebut, Evoward berkolaborasi dengan Campaign dan FLIX Cinema meluncurkan kampanye kolaboratif untuk mewujudkan bumi bebas sampah bertajuk rethink.

Kampanye rethink diinisiasi dengan tujuan untuk mendapatkan 1.000.000 orang agar mempunyai inisiatif untuk mengurangi konsumsi plastik dengan menggunakan material yang lebih ramah lingkungan.

Kampanye rethink dimaksudkan untuk mengajak entitas bisnis, komunitas dan individu untuk mengevaluasi dan berpikir kembali akan gaya hidup atau business-as-usual sehari-hari, sehingga kedepannya mereka dapat mulai menjalankan praktik-praktik yang lebih ramah lingkungan.

Kampanye rethink berfokus untuk membahas berbagai topik seputar gaya hidup dan dampaknya bagi bumi. Untuk seri pertama, rethink mengangkat topik plastik (rethink plastic) karena isu ini semakin mengkhawatirkan dan menjadi sorotan banyak pihak.

Rethink juga merupakan hasil kolaborasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta yang sudah mulai berbenah diri dalam pengelolaan sampah plastik sejak setahun terakhir. Kota DKI Jakarta sendiri menghasilkan 2,5 juta ton sampah pertahun dimana 357.000 ton diantaranya merupakan sampah plastik.

"Untuk segera menangani masalah ini, kita akan segera memberlakukan Pergub Larangan Penggunaan Kantong Plastik yang baru saja kita uji coba kemarin," ujar Isnawa Adji selaku Kepala DLH Provinsi DKI Jakarta di PIK Avenue, Jakarta, Kamis (21/2).

"Selain itu, kami juga aktif mengampanyekan bahaya plastik serta mendukung program - program terkait dan berkolaborasi dengan berbagai sektor untuk melakukan kampanye kreatif seperti rethink," sambung Adji.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Redaksi


Comment

Loading...