Panen Perdana, Petani Trenggalek Sukses Manfaatkan Lahan Kering Perhutani

TRENGGALEK - Acara panen jagung di Desa Dermosari, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek dilaksanakan dengan sukses. Panen yang dicapai pada lahan kering di Lahan Perhutani petak 66 E Dusun Banaran Desa Dermosari Kecamatan Tugu, Trenggalek ini berhasil dilakukan oleh Kelompok Tani Makmur.

Acara panen dihadiri Direktur Pembiayaan Pertanian Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Sri Kuntarsih, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Trenggalek Joko Surono, Waka ADM Kediri Selatan Andy Iswindarto dan Komandan Kodim 0806 Trenggalek Lekol Inf Dodik Novianto.

"Provitas hasil panen kami kali ini mencapai 6,3 ton/ha dari luasan 300 ha. Harga jagung belum lama ini masih berada di Rp 4.100/kg dan saat ini sudah turun antara Rp 3.800/kg," tutur Ketua Poktan Makmur, Muhaji, Jumat (22/2).

Kadistan Trenggalek, Joko Surono memaparkan, manfaat panen di Kabupaten Trenggalek diharapkan terus mengalami peningkatan. Karena itu, hal ini harus didukung dengan bermacam-macam kerjasama yang berkesinambungan antara petani jagung dan peternak.

"Harapan kami, Kementan dapat memberikan bantuan sarana pascapanen untuk menjaga kualitas jagung agar harga di pasar menjadi lebih baik," ujar Joko.

Joko juga menyarankan para petani jagung terus aktif bekerjasama dengan para peternak. Selain itu, ia pun mengharapkan peran serta penyuluh pertanian agar terus memperhatikan harga harian jagung sampai dengan saatnya panen raya.

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID
Editor : Redaksi


Comment

Loading...