Punya Kualitas Setara, 3 Kiper Timnas U-22 Berpotensi Dirotasi

Jumat, 22 Februari 2019 - 08:38 WIB

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Timnas U-22 sangat beruntung punya tiga kiper dengan kualitas yang setara saat mengikuti Piala AFF U22 2019. Mereka bisa diturunkan bergantian tergantung strategi yang diterapkan pelatih.

Timnas U-22 menurunkan kiper yang berbeda di dua laga awal Grup B. Saat melawan Myanmar, Awan Setho Raharjo tampil sebagai starter. Hasilnya memang tidak begitu baik. Garuda Nusantara kebobolan terlebih dahulu dan laga berakhir dengan skor imbang 1-1.

Pada laga melawan Malaysia, Satria Tama diberi kesempatan sebagai kiper utama. Sempat unggul dua kali, Timnas kembali mengakhiri laga dengan skor imbang 2-2. Ironisnya, dua gol Malaysia itu semua berawal dari bola mati.

Terkait pergantian itu, pelatih kiper Hendro Kartiko memberikan alasan tersendiri. “Sebenarnya kami (pelatih) diskusi semua. Bukan murni dari saya,” kata Hendro. ”Satria dipilih karena untuk mengantisipasi bola dari pemain-pemain Malaysia yang punya postur tinggi,” jelas Hendro.

Di Piala AFF U-22 2019 ini, Timnas U-22 membawa tiga kiper. Selain Awan Setho dan Satria Tama, masih ada M. Riyandi. Ketiganya punya kualitas yang bisa dibilang setara. Namun, terkait dengan opsi pergantian kiper lagi, Hendro belum bisa memastikan.

“Yang pasti ketiga kiper itu semuanya siap. Tapi, untuk pemilihan siapa kiper lawan Kamboja nanti, masih kami diskusikan dengan pelatih kepala. Karena ketiganya punya kualitas yang sama,” lanjut pelatih kiper asal Banyuwangi itu.

Terpisah, Indra Sjafri mengatakan bahwa ada penilaian tentang siapa kiper yang akan diturunkan dalam laga lawan Kamboja. Namun dia masih mendiskusikan hal tersebut. Apalagi, pertandingan malam ini cukup krusial. “Selalu begitu, jadi siklusnya begitu. Nanti akan kami diskusikan,” jawab Indra.

Semenatara itu Awan Setho menilai siapapun pilihan kipernya nanti, yang penting adalah kemenangan untuk Indonesia. Dia tetap memberi dukungan kepada siapapun yang akan terpilih.

“Yang penting bisa meraih hasil maksimal. Dua laga sebelumnya imbang terus. Semoga besok (hari ini, red) bisa meraih kemenangan agar bisa lolos ke semifinal,” kata Setho.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.