Putin Sebut Rusia akan Terputus dari Internet

Jumat, 22 Februari 2019 - 06:23 WIB

FAJAR.CO.ID – Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, secara teori Rusia mungkin akan terputus dari internet. Menurutnya, akan ada kerusakan ekonomi dan politik, dan kepentingan badan intelijen juga akan terpengaruh.

“Saya percaya mereka akan berpikir seratus kali sebelum melakukan sesuatu tetapi secara teori, semuanya mungkin bisa dilakukan. Jadi kita perlu menciptakan sektor yang tidak akan bergantung pada siapa pun,” katanya dilansir dari Tass pada Kamis (21/2).

“Saya tidak bisa berbicara untuk rekan kami karena saya tidak tahu apa yang ada di pikiran mereka, tetapi saya pikir itu akan menyebabkan kerusakan besar pada mereka juga,” kata Putin.

Pada tanggal 12 Februari, Dewan Duma Rusia (majelis rendah parlemen) mengesahkan pembacaan pertama RUU yang bertujuan untuk memastikan operasi yang stabil dari segmen Internet Rusia.

Penyusun RUU ini secara khusus menyarankan pengurangan jumlah data yang dipertukarkan antara pengguna Rusia yang dikirim ke luar negeri. RUU Keamanan Siber Rusia juga menetapkan bahwa perusahaan penyedia internet harus menggunakan alat teknis dalam jaringan komunikasi mereka yang akan menentukan sumber lalu lintas internet.

“Ini adalah penemuan mereka. Mereka dapat melihat dan mendengar semua yang Anda katakan, sehingga mereka mengumpulkan informasi sekarang tetapi kemudian mereka akan kehilangan kesempatan ini,” kata presiden Rusia itu seperti dilansir Tass.

(JPC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.