Terlalu Lama Main Gadget, Jemari Anda Bisa Kena Penyakit Ini

0 Komentar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Seseorang mungkin saja mengalami rasa kaku dan sakit pada jemarinya. Bahkan, salah satu jari biasanya tak bisa digerakkan dan melengkung. Pernahkah mengalami kondisi demikian?

Istilah awamnya penyakit itu dinamakan Trigger Finger. Adalah kekakuan pada jari untul melemaskan dan meluruskan. Hal itu disebabkan oleh tendon dan ligamen yang bengkak.

“Jari kita itu bisa melengkung karena ada ligamennya. Itu yang membuat luwes. Nah trigger finger adalah kondisi di mana tendon atau ligamen terjadi inflamasi atau peradangan,” kata Pakar Nyeri dari Lamina Pain and Spine Center, dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS dalam konferensi pers di RS Meilia, Cibubur, baru-baru ini.

Ternyata kondisi itu semakin sering ditemui. Menurut dr. Mahdian hal itu disebabkan fenomena era digital yang membuat seseorang fokus bermain gadget berjam-jam. Tentu saja membuat jari jemari menjadi kaku.

“Itu juga sakit karena gadget. Mengakibatkan terjadi peradangan jika terlalu lama,” katanya.

Sehingga membuat ligamen atau tendon bengkak. Jaringan tumbuh di sana menghalangi gerakan.

Biasanya pasien yang mengalami masalah ini tak harus selalu operasi. Ketika datang ke dokter spesialis nyeri, pasien hanya butuh injeksi steroid.

“Obatnya di USG dulu. Benjolan sebesar butiran gula. Bisa dengan injeksi steroid. Contoh lain misalnya seperti tukang gado-gado tuh berulang mengulek bisa lama-lama jemarinya kaku. Maka kondisi yang berulang dan berlangsung lama bisa jadi pemicunya,” tegasnya.

(JPC)

Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Comment

Loading...